PENGARUH TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SRAGEN

Arifah Sri Wulandari, Iffah Mukhlisah, Herri Gunawan

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Perhatian orang tua yang meliputi pendampingan belajar, penyediaan fasilitas, serta komunikasi pendidikan anak diyakini berperan dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk menguji hubungan antara variabel perhatian orang tua (X) dan hasil belajar siswa (Y). Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa kelas II yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel perhatian orang tua dan dokumentasi nilai sebagai indikator hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian orang tua tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa (r = -0.148, Sig. 0.381 > 0.05), sehingga faktor lain kemungkinan lebih berperan dalam menentukan pencapaian akademik mereka.

Kata Kunci

perhatian orang tua, hasil belajar, Bahasa Inggris, pendidikan dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Siswa SMP di Semarang. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 13(1), 115.

Imelda, E., Syamsuri, S., & Novaliyosi, N. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Matemtika Siswa MTs. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 28–37.

Maharani, N. K. A. W., Riastini, P. N., & Asril, N. M. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Gaya Belajar Siswa terhadap Minat Belajar IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(1), 77–84.

Nuraeni, S. P. (2021). Bahasa Inggris di Era Globalisasi. Teori & Inovasi Pendidikan Masa Depan, 18.

Pandia, W. S. S., Psikolog, D. A. H., & Psikolog, Y. W. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi. PT Kanisius.

Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali Manfaat Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar: Konteks Anak Usia Dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 8–23.

Rahmania, T. (2023). Psikologi perkembangan. Sada Kurnia Pustaka.

Rahmatillah, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Temper Tantrum pada Anak Usia Dini di Kelurahan Bambu Apus Kota Tangerang Selatan (p. 121). Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bagi Anak-anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 1–12.

Sari, Y. Y., & Kosasih, A. (2018). Model Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 394–411.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Alfabeta.

Susanti, W. T., & Ain, S. Q. (2022). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 9–16.

Wafa, R. N., & Muthi, I. (2024). Pengaruh Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 244–250.

Yudhani, A. S., Nugraha, A. E., Murtiyasa, B., & Setyaningsih, N. (2024). Eksplorasi Strategi Belajar Siswa Berprestasi Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1535–1545.

Zahra, W. A., & Marsofiyati, M. (2024). Hubungan Motivasi Ekstrinsik dalam Mendorong Prestasi Belajar Peserta Didik. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.