PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP LITERASI KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XII IIS SMA NEGERI 8 SURAKARTA

Rakhma Tri Nurdiani, Dewi Kusuma Wardani

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan locus of control internal terhadap literasi keuangan dengan gender sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 118 siswa kelas XII IIS SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner dan melibatkan uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis dengan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan bantuan software IBM SPPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan keuangan di keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, locus of control internal memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap literasi keuanga, gender tidak memoderasi pengaruh pendidikan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan, dan gender memoderasi pengaruh locus of control internal terhadap literasi keuangan pada siswa kelas XII IIS SMA Negeri 8 Surakarta

Kata Kunci

Pendidikan Keuangan di Keluarga; Locus of Control Internal; Literasi Keuangan; Gender

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Asriana, Jasman, J., Asriany, & Bachri, S. (2023). Pengaruh pendidikan pengelolaan keuangan, status sosial skonomi, locus of control terhadap literasi keuangan siswa SMAN17 Luwu Utara. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 348–360. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2811

Ayuninggar, I. L., Prayitno, P. H., Wahjoedi., & Inayati, R. (2024). Influence of family financial education and socioeconomic status on financial literacy with well-being as mediator. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1512–1524. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.806

Bardono, S. (2024, Juni 8). Gaya hidup FOMO bikin gen z dan milenial rentan terjerat pinjol. Technologyindonesia.id. https://technologyindonesia.id/ekonomi/gaya-hidup-fomo-bikin-gen-z-danmilenial-rentan-terjerat-pinjol/

Camelia, D., Indriayu, M., & Sudarno. (2024). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga terhadap perilaku hidup hemat (frugal living) mahasiswa Universitas Sebelas Maret dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening. Journal on Education, 7(1), 6338–6351. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7250

Darmawan, A., & Pratiwi, F. A. (2020). Pengaruh pendidikan keuangan keluarga, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, sikap keuangan dan teman sebaya terhadap literasi keuangan mahasiswa. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 27-37. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.499

Dewi, N. P. Y. P., & Suarmanayasa, I. N. (2020). Pengaruh jenis kelamin, indeks prestasi kumulatif serta angkatan terhadap literasi keuangan mahasiswa. Jurnal Manajemen, (6)2, 198–206. https://doi.org/10.23887/bjm.v6i2.26855

Elifneh, Y. W. (2021). Financial literacy among high school teenagers in a developing country context - an empirical study with reference to high school students in Addis Ababa, Ethiopia. Independent Journal of Management & Production, 12(5), 1436–1452. https://doi.org/10.14807/ijmp.v12i5.1402

Fatemi, V., & Hoseiniyan, S. (2016). Study of locus of control in female and male MSc students. International Journal of Indian Psychology, 3(3), 19–28. https://doi.org/10.25215/0303.154

Ghafoor, A. K., & Akhtar, M. (2024). Parents’ financial socialization or socioeconomic characteristics: which has more influence on Gen Z’s financial wellbeing?. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1), 1-16. https://doi.org/10.1057/s41599-024-03007-3

Hendry, Alvin, Sutiono, R., Permana, E. M., & Jordan, C. L. (2022). The effect of Income, financial attitude, and financial literacy on financial behavior with locus of control as a moderating variable (case study on postgraduate students of the Faculty of Economics, Universitas Prima Indonesia). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 968–980. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.606

Irman, M., & Fadrul. (2018). Analisis pengaruh jenis kelamin, IPK, dan pengalaman kerja terhadap tingkat financial literacy. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(1), 41-56. https://doi.org/10.31539/costing.v2i1.345

Khoirunnisaa, J., & Johan, I. R. (2020). The effects of financial literacy and self control towards financial behavior among high school students in Bogor. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 73–86. https://doi.org/10.29244/jcs.5.2.73-86

Kurniawan, A., Kusumawardhani, R., & Rinofah, R. (2022). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja, teman sebaya dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan. J-MAS: Jurnal Manajemen Dan Sains, 7(1), 79–85. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.360

Moreno-Herrero, D., Salas-Velasco, M., & Sánchez-Campillo, J. (2018). Factors that influence the level of financial literacy among young people: The role of parental engagement and students’ experiences with money matters. Children and Youth Services Review, 95, 334–351. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.042

Mutlu, Ü., & Özer, G. (2022). The moderator effect of financial literacy on the relationship between locus of control and financial behavior. Kybernetes, 51(3), 1114–1126. https://doi.org/10.1108/K-01-2021-0062

Ndou, A. (2023). Parental Financial Socialisation and Child’s Gender. International Journal of Economics and Financial Issues, 13(5), 59–66. https://doi.org/10.32479/ijefi.14791

Nugroho, W. S., & Rochmawati. (2021). Pengaruh pendidikan keuangan keluarga, status sosial ekonomi, internal locus of control, dan jenis kelamin terhadap literasi keuangan. Akuntabel, 18(4), 650-660. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9814

Nusron, L. A., Krismiatun, E. W., & Diansari, R. E. (2021). Pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan. Jurnal Akmenika, 18(1), 511–519. https://doi.org/10.31316/akmenika.v18i1.1464

Otoritas Jasa Keuangan. (2022, November 22). Siaran pers: Survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022/SP%20-%20SURVEI%20NASIONAL%20LITERASI%20DAN%20INKLUSI%20KEUANGAN%20TAHUN%202022.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2024, Januari 22). Siaran pers: Pentingnya literasi keuangan bagi pelajar, OJK gelar edukasi keuangan SMA se-Jaksel. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Pentingnya-Literasi-Keuangan-Bagi-Pelajar-OJK-Gelar-Edukasi-Keuangan-SMA-Se-Jaksel-.aspx

Permana, N., Yulianti, G., & Austin, D. (2025). Menabung dan berinvestasi : Memahami dasar-dasar literasi keuangan untuk gen Z. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(1), 93–101. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i1.3801

Pleša Puljić, N., Puljić, M., & Lukaš, M. (2022, Juni). Influence of family upbringing on financial literacy of secondary school students. In Proceedings of the 84th International Scientific Conference on Economic and Social Development (Plitvička Jezera, Croatia). https://www.researchgate.net/publication/368880113

Rinaldi, E. E., Salmieri, L., & Joaquín Maria, V. M. (2022). Gender difference in financial literacy and socialization: Comparing Italy to Spain. Italian Journal of Sociology of Education, 14(2), 121–149. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2022-2-7

Sarju, N., & Sobandi, A. (2021). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan teman sebaya terhadap literasi keuangan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3), 160–171. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I3.75

Septianingtyas, S., & Nurkhin, A. (2023). Peran gender dalam memoderasi pengaruh status sosial ekonomi, pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, sikap uang, teman sebaya terhadap literasi keuangan. Business and Accounting Education Journal, 4(1), 99–112. https://doi.org/10.15294/baej.v4i1.74631

Shalahuddinta, A., & Susanti. (2014). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja, dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9134

Sharif, S., & Naghavi, N. (2020). Family financial socialization, financial information seeking behavior and financial literacy among youth. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 12(2), 163–181. https://doi.org/10.1108/APJBA-09-2019-0196

Suárez-Álvarez, J., Pedrosa, I., García-Cueto, E., & Muñiz, J. (2016). Locus of control revisited: Development of a new bi-dimensional measure. Anales de Psicología, 32(2), 578-586. https://doi.org/10.6018/analesps.32.2.200781

Susanti. (2016). Pengaruh locus of control internal dan pendapatan terhadap literasi keuangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 5–17. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p5-17

Vieira, K. M., Moreira Júnior, F. D. J., & Potrich, A. C. G. (2020). Measuring financial literacy: Proposition of an instrument based on the Item response theory. Ciência e Natura, 42(1), 1–34. https://doi.org/10.5902/2179460x39864

Wee, L. L. M., & Goy, S. C. (2022). The effects of ethnicity, gender and parental financial socialisation on financial knowledge among Gen Z: The case of Sarawak, Malaysia. International Journal of Social Economics, 49(9), 1349–1367. https://doi.org/10.1108/IJSE-02-2021-0114

Waghmare, R. (2016). Effect of gender and location on locus of control among college students. Indian Journal of Health and Wellbeing, 7(4), 458-460. http://www.i-scholar.in/index.php/ijhw/article/view/121154

World Economic Forum (WEF). (2015). New vision for education: Unlocking the potential of technology. Cologny/Ganeva: World Economic Forum. https://www3.weforum.org/docs/WEFUSA_NewVisionforEducation_Report

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.