PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP LITERASI KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XII IIS SMA NEGERI 8 SURAKARTA

Rakhma Tri Nurdiani, Dewi Kusuma Wardani

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan locus of control internal terhadap literasi keuangan dengan gender sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 118 siswa kelas XII IIS SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner dan melibatkan uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis dengan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan bantuan software IBM SPPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan keuangan di keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, locus of control internal memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap literasi keuanga, gender tidak memoderasi pengaruh pendidikan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan, dan gender memoderasi pengaruh locus of control internal terhadap literasi keuangan pada siswa kelas XII IIS SMA Negeri 8 Surakarta

Kata Kunci

Pendidikan Keuangan di Keluarga; Locus of Control Internal; Literasi Keuangan; Gender

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.