PENGARUH MOTIVASI DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Ayu Kurnia Saputri, Trisno Martono, Jonet Ariyanto Nugroho

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari 1) motivasi 2) self efficacy terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang berjumlah 380 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling. Sampel yang didapat pada penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket kuesioner. Uji validitas menggunakan Pearson correlation product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, (2) self efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi gurudengan nilai signifikansi 0,000.

Kata Kunci

minat menjadi guru, guru, motivasi, self efficacy, theory of planned behaviour

Referensi

Adinata, R. E., & Listiadi, A. (2023). Bagaimana Pengalaman PLP Dibidang Studi Akuntansi dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Akuntansi Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Akuntansi? Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 3(1), 2–10. https://journal.inspirasi.or.id/index.php/edunusa

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939

Ayu Prastiani, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 47–59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712

Fatimah, N. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru MI pada Mahasiswa PGMI Angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang. UIN Walisongo.

Hamalik. (2013). Proses Beajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Nani. (2019). Pengaruh motivasi, persepsi profesi guru dan gender melalui self efficacy terhadap minat menjadi guru.

Nurhasanah, D. (2021). Pengaruh Motivasi, dan Self efficacy terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Universitas Jenderal Soedirman.

Prayoga, F. I., Masruroh, N., & Vina Safitri, N. (2024). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(3), 288–293. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.2056

Sari, R., & Rusdarti, R. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Melalui Self efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41020

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Tifani, S. S., & Wahjudi, E. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 205–216. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p205-216

Wulandari, L., & Pamungkas, H. P. (2022). Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 268–276. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p268-276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.