PEMANFAATAN SITUS GUNUNG JAMBU SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI KERAJAAN HINDU DAN BUDHA (Studi Kasus Kelas X Di MA EL–Bayan Majenang)

Fanny Astridha, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti cagar budaya yang berada di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi/kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah di MA EL-Bayan Majenang cenderung menggunakan metode ceramah. Sumber Belajar yang dipakai oleh Guru juga hanya dari buku paket yang di sediakan oleh sekolah. Pemanfaatan Situs Gunung Jambu sebagai Sumber Belajar Sejarah dilakukan dengan menggunakan media Power Point sebagai alat bantu Pembelajaran Sejarah di Kelas. Kendala yang dihadapi dalam Pemanfaatan Situs Gunung Jambu sebagai Sumber Belajar adalah keterbatasan materi mengenai Situs Gunung Jambu, Kendala selanjutnya adalah keberadaan Situs Gunung Jambu yang berada di Puncak Gunung Jambu sehingga menyebabkan Peserta Didik tidak bisa melihat secara langsung Situs Gunung Jambu. Upaya yang dilakukan mengenai kendala tersebut adalah memaksimalkan materi dengan menjadikan sumber dari jurnal sebagai bahan ajar.Kata Kunci: Situs Gunung Jambu, Sumber Belajar, Sejarah

Kata Kunci

Situs Gunung Jambu, Belajar, Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.

Lestari, I. S., Rahman, A., & Putra, M. M. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual pada Anak Usia Dini di Paud Akhlak Mulia. http://e- theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3119

Lutfiana, O., Budiyanti, R. B., & Mahindra, I. B. (2019). Evaluasi Nilai-Nilai Sejarah Pada Zona Inti Kota Tua, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 0(0), 1-53.1-

53.5.

Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. November, 26.

Maman Sumaludin, M. (2018). Identitas Nasional Dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA.

HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, I(2), 97–104.

Mursidi, A., & Soetopo, D. (2019). Aprilia, T., & Valensy Rachmedita, V. R. (2021). Situs–Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Journal of Research in Social Science and Humanities, 1(2), 69-77. Jurnalnasional.Ump.Ac.Id, 13, 41–57. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/6165

Nababan, S. A., Agung, L., & Yamtina, S. (2019). Pemanfatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal DI Kota Medan. Jurnal Ekonomi,Sosial & Humaniora, 01(04), 49– 55.

Nurmanuel, P. C. (2013). Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang. Indonesian Journal of History Education, 2(1), 11–17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.