Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik (Studi kasus di SMPN 2 Lakbok)
Asep Imam Abdurahman, Asep Heris Nopiana, Aep Saeful Anwar, Maman Herman, Asep Budi Tauhid
Sari
Sumber Daya Manusia memiliki peran strategis dalam menentukan mutu dan efektivitas lembaga pendidikan. Di era digital, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu strategi penting untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi penguasaan TIK oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Lakbok, Kabupaten Ciamis. Fokus penelitian mencakup tiga aspek: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan TIK oleh guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, namun pemilihan media pembelajaran perlu ditingkatkan. Dalam proses pembelajaran, TIK terbukti meningkatkan motivasi siswa, tetapi integrasi antara media dan metode pembelajaran masih perlu disesuaikan. Sementara itu, dalam evaluasi pembelajaran, penggunaan TIK juga memberi dampak positif terhadap motivasi belajar, meskipun guru masih perlu meningkatkan keterampilan pengembangan diri agar mampu mengikuti perkembangan teknologi secara berkelanjutan.
Kata Kunci
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penguasaan Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Referensi
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Engkoswara & Komariah Aan. 2015. Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Hudri dan Umam. 2020. Konsep Merdeka Belajar Peran TIK di Era Revolusi Industri. Jakarta: Kemdikbud
Melong, Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Oktaria Rida. 2021. Tesis. Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK bagi SMP Terpencil di Lebak Banten. Mataram. Undikma.
Permendikbud Nomor 65 tahun 2013a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.
Rohman Abdul dan Asep Saeful Hidayat. 2024. Sistem Informasi Manajemen Dalam Pendidikan.
Satori Djaman dan Aan Komariah. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ombak
Sardiman. 2014. Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Suarni Aan. 2023. Tesis. Optimalisasi Penguasaan TIK Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Ciamis: Unigal.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Perkasa.