Efektifitas Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Study Kasus di SMPN 1 Lakbok dan SMPN 2 Lakbok)

Apri Ebtiyani, Ira Parida, Maman Herman, Asep Budi Tauhid

Sari

Penilaian kinerja guru di SMPN 1 dan 2 Lakbok yang masih berada pada kategori “baik” (rata-rata 82), namun belum mencapai standar “sangat baik” (di atas 90) sesuai Perdirjen GTK No. 7607/B.B1/HK.03/2023. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill dalam meningkatkan kinerja guru. 3 ) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Technical skill dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ditinjau dari aspek conceptual, human, dan technical skill. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan meliputi Kepala Sekolah, Pengawas, Komite, dan Guru. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. 3) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek technical skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru.

Kata Kunci

Kepemimpinan Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Referensi

Kimball, Wiles. 2001. Introduction to Educational Administration. Boston: Allyn and. Bacon, Inc.

Peraturan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang petunjuk tekhnis pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah melalui platform merdeka mengajar.

S. J. Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siahaan, Y. Ervina & Prasetia, Indra. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) Vol. 4, No. 1, Januari 2023, Hal: 09-15. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/12403

Soedarmo, U. Runalan & Herman, Maman (2017). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah: Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Volume 1 Number 2. Hal: 99-106. https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/941

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriadi. 1998. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya. Nusa. Suhertian.

Witarsa (2011). Pengaruh Kinerja Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Nilai Terhadap Pengembangan Budaya Sekolah di Wilayah Perbatasan Indonesia Malaysia (Studi Di Sd, Smp, Dan Smk Kabupaten Sanggau). Jurnal Penelitian Pendidikan12(1): 97-109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.