PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Catrina Agustin Hariyono, Durinda Puspasari

Sari

Tingginya angka pengangguran di kalangan lulusan universitas mengindikasikan bahwa mahasiswa masih menghadapi tantangan serius dalam mempersiapkan diri untuk dunia kerja, dimana sebagian disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar dan kurangnya locus of control pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan locus of control terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan adminitrasi perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah responden 163 mahasiswa diambil menggunakan teknik proportional random sampling dengan jenis penelitian explanatory research pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket penelitian yang berjumlah 40 pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara signifikan signifikan terhadap kesiapan kerja yang berarti semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa maka semakin tinggi pula kesiapan kerja. Sedangkan locus of control juga berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja. Motivasi belajar dan locus of control berpengaruh secara bersamaan terhadap kesiapan kerja sebesar 58,4%. Hal tersebut menunjukkan dengan memperkuat motivasi belajar dan mengembangkan karakter mahasiswa sangat penting untuk meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia profesional.

Kata Kunci

Motivasi Belajar, Locus of Control, Kesiapan Kerja

Referensi

Amalia, P. I., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 907–922. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42415

Aqilah, V., Presilawati, F., & Yusuf, Y. (2024). Pengaruh Personal Branding, Soft Skill, dan Locus Of Control terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Politeknik Aceh. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 7(2), 257–266. https://doi.org/https://doi.org/10.59061/jsit.v7i2.917

Astria, M., & Rahmawati, F. M. (2025). Pengaruh Digital Literacy, Locus Of Control dan Adversity Quotient terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z. Economics and Digital Business Review, 6(1), 117–128. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/1973

Azwar, S. (2004). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a Measure to Assess Work Readiness in College Graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54.

Cholik, M., Soeryanto, Rijanto, T., Arsana, I. M., & Azizah, D. N. (2022). Locus of Control to Improve Student Work Readiness (Evaluation of Affective, Cognitive and Psychomotor Aspects). Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 203–211. https://doi.org/https://doi.org/10.37758/jat.v5i2.460

Fadilah, F., & Mahyuny, S. R. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Locus of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 2(2), 100–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.10731

Hidayat, R. Al, Sayuti, M., & Santosa, B. (2024). Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Teaching Factory, Motivasi Belajar dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 956–972. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1078

Hidayatulloh, M. K. Y., & Ashoumi, H. (2022). The Perspective of Work Readiness in Vocational School Students with 21st Century Communication and Collaboration Skills. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2199–2206. https://doi.org/https://doi.org/10.18844/cjes.v17i7.7588

Jatmiko, R. S. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Budaya Organisasi, dan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(4), 289–298.

Joko, R., Tri, K., & Fatwa, T. (2020). The Influence of Work Competence, Learning Motivation, Independence and Discipline on Work Readiness of Vocational School Students in Cilacap. Asian Journal of Vocational Education and Humanities, 1(2), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.53797/ajvah.v1i2.3.2020

Khusna, H., & Wulandari, R. N. A. (2024). Pengaruh Work Integrated Learning (WIL) dan Employability Skill terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Surabaya. JIMEA: Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(5), 106–122. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jimea.v2i1.2464

Mardyasari, L. H., & Indarto, I. (2017). Model Penguatan Kesiapan Kerja Lulusan (Studi pada BBPLK Semarang). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 17–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v10i1.707

Nastiti, N. O., & Puspasari, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perfeksionisme terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 320–326. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14830

Pirmanto, D., Jundillah, M. L., & Widagdo, K. A. (2016). Jenis Penelitian Menurut Kedalaman Analisis Data. Journal of the American Chemical Society, 77(21), 13.

Puspasari, D. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Sistem Pembelajaran Moving Class terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 10 Surabaya. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 3(2), 76–87. https://doi.org/https://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/view/225

Rahmi, F. A. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Pelatihan Teknik Otomotif di Upt Pelatihan Kerja/Blk Surabaya. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 1–10.

Ratnawati, T., & Sutirman, S. (2025). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Pengalaman PKL terhadap Kesiapan Kerja melalui Motivasi Belajar sebagai Variable Intervening pada Mahasiswa FEB UNY. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 22(1), 16–28. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v22i1.82072

Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students. International Education Studies, 10(1), 225–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.5539/ies.v10n1p225

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, S. M., Suherman, A., & Yayat, Y. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 5(2), 261–266. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15197

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.