IMPLEMENTASI PEMBUATAN ECOBRICK DI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN

Giena Sitha Supriatna, Desi Nurani, Bahana Aditya Adnan

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa setelah diimplementasikan pembuatan ecobrick di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method (kualitatif dan kuantitatif) Concurrent Triangulation Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII serta VIII SMPN 4 Panawangan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembuatan ecobrick di sekolah dapat meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa. Praktek pembuatan ecobrick dan pemberian materi yang diberikan menghasilkan nilai efektivitas sebesar 42,04%, hasil ini masih kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa. Selain itu, siswa dan guru memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan pembuatan ecobrick di sekolah.

Kata Kunci

Ecobrick; Literasi Lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chien, C. C., Lu, Y. S., Liou, Y. J., & Huang, W. J. (2012). Application of waste bamboo materials on produced eco-brick. Journal of Shanghai Jiaotong University (Science), 17(3), 380-384.

Dewi, N. P. M. Y. K., & Pradhana, I. P. D. (2022). Pengelolaan Sampah Anorganik Menjadi Nilai Rupiah Pada Generasi Muda Di Desa Jungutbatu. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 251–257. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.15757 Edike, U. E., Ameh, O. J., & Dada, M. O. (2020). Production and optimization of eco-bricks. Journal of Cleaner Production, 266, 121640.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35-41.

Maier, R., & Angway, I. (2015). Panduan Visi Eco-Brick. Ecobrick.org.

Palupi, W., Wahyuningsih, S., Widiyastuti, E. (2020). Pemanfaatan Ecobricks Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Dedikasi:Community Service Report. 2 (1).

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10768

Utami, F. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Ekosistem. Doctoral Dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.