PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR

Rendra Gunawan, Regina Lichteria Panjaitan, Ali Ismail

Sari

Kekurangan kesempatan untuk melatih pemikiran kritis dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa menghadapi berbagai kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model problem based learning (PBL), dampaknya terhadap keterampilan pemikiran kritis siswa kelas V pada topik siklus air, serta perbandingan pemikiran kritis antara pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Metode quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan. Sampel terdiri dari siswa kelas V dari SDN 2 Rajapolah (29 siswa) dan SDN 6 Rajapolah (32 siswa), yang dipilih menggunakan sampling purposive. Alat ukur meliputi pedoman observasi dan tes esai. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah diterapkan dengan sangat baik, dengan skor aktivitas guru dan siswa mencapai 83% pada pertemuan pertama dan 96% pada pertemuan kedua. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah secara signifikan mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa (sig. 2-tailed 0,000 < 0,05) dengan ukuran efek besar (1,284 > 0,8). Kemudian, keterampilan berpikir kritis pada model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan (sig. 2-tailed 0,000 < 0,05). Namun, berdasarkan nilai n-gain, pembelajaran berbasis masalah menghasilkan peningkatan yang lebih besar (0,3416) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (0,0772), menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi.

Kata Kunci

Pembelajaran Berbasis Masalah; Konvensional; Berpikir Kritis

Referensi

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.

Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. In M. Suardi (Ed.), CV. Azka Pustaka (Vol. 11, Nomor 1). CV. Azka Pustaka.

Astuti, R. W., Widya, T. P., & Rini, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12792–12800.

Damayanti, M., Rukayah, R., & Ardiansyah, R. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas I pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 58–63. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2670

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Firmanasari, E., William, N., Wardhani, I. S. K., & Santosa, A. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probelem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 120–129. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i2.365

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 403–413. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21 (S. Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Harahap, R. R., Wakit, S., Santosa, Y. B. P., Budi, S., Majid, M. S. A., Widodo, B., Syarifah, T., Hadikusumo, R. A., Afryanti, F., Wijayati, R. D., Susilaningsih, C. Y., Arini, D., Sholohin, C., & Ilham, I. (2024). Pengantar Pendidikan (M. Anas (ed.)). CV. Duta Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=X5U0EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA10&dq=tujuan+pendidikan+indonesia&ots=kJrJTx5Ggk&sig=X9lv4ZiaiiYENIi47Bde9Yf3Qdk&redir_esc=y#v=onepage&q=tujuan pendidikan indonesia&f=false

Hidayanti, R., Alimuddin, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (suara intelektual gaya matematika), 12(1), 71–80.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Hutabarat, E. G., Simarmata, E. J., Juliana, Gaol, R. L., & HS, D. W. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V UPT SD Negeri 104181 Sunggal Kanan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 27–32. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3030

Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Nazliah, R. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 41–45. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index41

Rosadi, A. F., Rianto, A. K., Hadi, W., & Dallion, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air melalui Model Problem Based Learing terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Kompetensi, 16(2), 45–54.

Safitri, E. W. A., Zuhdi, U., & Sofiya, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV tentang Siklus Air Melalui Penggunaan Media Diorama dengan Pendekatan Problem Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 59–68.

Saputra, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based learning. Perpustakaan IAI Agus Salim, 1–9.

Sudarti, N. W. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. PEDALITRA, 4(1), 322–334.

Sudirman, S., Anggereni, S., Marlinda, N. L. P. M., Silalahi, E. K., Fitrian, A., Siregar, H. T., Pa, R. H. B., Azizah, N. N., Hidayat, H., Saputri, M., Wirda, W., Nasrianty, N., & Karim, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Abad 21 pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan (S. Haryanti (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.

Supriyati, E., Ika Setyawati, O., Yuli Purwanti, D., Sirfa Salsabila, L., & Adi Prayitno, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74–84.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.