PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR
Sari
Kata Kunci
Referensi
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.
Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. In M. Suardi (Ed.), CV. Azka Pustaka (Vol. 11, Nomor 1). CV. Azka Pustaka.
Astuti, R. W., Widya, T. P., & Rini, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12792–12800.
Damayanti, M., Rukayah, R., & Ardiansyah, R. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas I pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 58–63. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2670
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Firmanasari, E., William, N., Wardhani, I. S. K., & Santosa, A. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probelem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 120–129. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i2.365
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 403–413. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21 (S. Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Harahap, R. R., Wakit, S., Santosa, Y. B. P., Budi, S., Majid, M. S. A., Widodo, B., Syarifah, T., Hadikusumo, R. A., Afryanti, F., Wijayati, R. D., Susilaningsih, C. Y., Arini, D., Sholohin, C., & Ilham, I. (2024). Pengantar Pendidikan (M. Anas (ed.)). CV. Duta Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=X5U0EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA10&dq=tujuan+pendidikan+indonesia&ots=kJrJTx5Ggk&sig=X9lv4ZiaiiYENIi47Bde9Yf3Qdk&redir_esc=y#v=onepage&q=tujuan pendidikan indonesia&f=false
Hidayanti, R., Alimuddin, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (suara intelektual gaya matematika), 12(1), 71–80.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Hutabarat, E. G., Simarmata, E. J., Juliana, Gaol, R. L., & HS, D. W. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V UPT SD Negeri 104181 Sunggal Kanan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 27–32. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3030
Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259
Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Nazliah, R. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 41–45. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index41
Rosadi, A. F., Rianto, A. K., Hadi, W., & Dallion, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air melalui Model Problem Based Learing terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Kompetensi, 16(2), 45–54.
Safitri, E. W. A., Zuhdi, U., & Sofiya, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV tentang Siklus Air Melalui Penggunaan Media Diorama dengan Pendekatan Problem Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 59–68.
Saputra, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based learning. Perpustakaan IAI Agus Salim, 1–9.
Sudarti, N. W. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. PEDALITRA, 4(1), 322–334.
Sudirman, S., Anggereni, S., Marlinda, N. L. P. M., Silalahi, E. K., Fitrian, A., Siregar, H. T., Pa, R. H. B., Azizah, N. N., Hidayat, H., Saputri, M., Wirda, W., Nasrianty, N., & Karim, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Abad 21 pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan (S. Haryanti (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.
Supriyati, E., Ika Setyawati, O., Yuli Purwanti, D., Sirfa Salsabila, L., & Adi Prayitno, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74–84.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.