MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN LIVEWORKSHEET PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN KELAS X BD SMKN 1 JOMBANG

Moch Rana Alfandi, Septyan Budy Cahya

Sari

Penelitian pengembangan bertujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis canva dan liveworksheet, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis canva dan liveworksheet pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran. Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X BD 1,2,3 SMKN 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata kelayakan yang diperoleh dari para ahli sebesar dengan rincian hasil rata-rata persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 93%. Penerapan multimedia pembelajaran yang dikembangkan pada peserta didik memperoleh respon sangat baik. Hal tersebut didukung dengan perolehan hasil rata-rata persentase respon dari peserta didik sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva dan Liveworksheet yang dikembangkan tergolong sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media ini tidak hanya memenuhi kriteria kelayakan dari para ahli, tetapi juga mampu meningkatkan semangat belajar dan partisipasi aktif peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media berbasis teknologi interaktif seperti Canva dan Liveworksheet dapat menjadi solusi yang inovatif untuk menunjang pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran 

Kata Kunci

Media Pembelajaran, Canva, Liveworksheet, Dasar-Dasar Pemasaran, Perilaku Konsumen

Referensi

Ashari, Iqbal Ma’ruf Al, and Abd. Qohar. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis It Berbantuan Canva Dan Liveworksheet Pada Materi Pecahan.” 2(2):65–78. doi: 10.53491/jumat.v2i2.848.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Berthania Az-Zahra, Ivierifanny. 2024. “PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Pengembangan Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Dasar Akuntansi Berbantuan Liveworksheet Di SMK PGRI 2 SIDOARJO.” 12(2):317–30. doi: 10.24127/ajpm

Bitu, Yuliana Sesi, Agustina Purnami Setiawi, Fransiskus Ghunu Bili, Sri Astuti Iriyani, Nova Supriyedi Patty, Program Studi Pgpaud, Kec Loura, Kabupaten Sumba, Barat Daya, and Nusa Tenggara Timur. 2024. “Pembelajaran Interaktif : Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Pendahuluan Pembelajaran Interaktif Merupakan Pendekatan Yang Mengintegrasikan Penggunaan Teknologi Dan Metode Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Belajar M.” 5(2):193–98.

Harida, Hasanah Nur, and Anas Arfandi. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Dasar Desain Grafis Peserta Didik Di Smk.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1:402–11. doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.1013.

Ikram, Dzul, and Muhammad Nasir. 2025. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar-Mengajar.” Jurnal PENA : Penelitian Dan Penalaran 12(1):84–90.

Monoarfa. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian 1–7.

Muhammad, Dadang. 2023. “20755-Article Text-66429-1-10-20231106 (1).” 6:1265–71

Nurtanto, Yeyen, and T. Yuniati. 2024. “Universitas PGRI Semarang Seminar Nasional Ppg Upgris 2024 ( Penerapan Aplikasi Liveworksheet Untuk Meningkatkan Motivasi Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ppkn Peserta Didik Di Sman 10 Semarang ).” 2024:27–33.

Pratama, Wegig, Bambang Sudarsono, Sekolah Tinggi, and Maritim Yogyakarta. 2024. “Model Pembelajaran Berbasis Kerja: Meningkatkan Kompetensi Dan Kesiapan Kerja Siswa Smk Work-Based Learning Model: Improving Competency and Work Readiness of Smk Students.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 11(1).

Prihatiningtyas, Suci, Dwi Nofitasari, and Novia Ayu Sekar Pertiwi. 2022. “Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Implementasi Media Interaktif E-Book Selama Pembelajaran Daring Di SMK Patriot Peterongan Jombang.” Diffraction 3(1):1–6. doi: 10.37058/diffraction.v3i1.3098.

Purwati, Retno Puji. 2020. “Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 4(1):202. doi: 10.20961/habitus.v4i1.45725.

Safitri, Rahardian Daniar, Puput Wanarti Rusimamto, Edy Sulistyo, and Rina Harimurti. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 12(01):93–100. doi: 10.26740/jpte.v12n01.p93-100

Riduwan. (2016). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta

Yuliana, Dyan, Achmad Baijuri, Arico Ayani Suparto, Siti Seituni, and Sheilla Syukria. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) 6(2):247–57. doi: 10.37792/jukanti.v6i2.1025.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.