KERANGKA KERJA BEHAVIORISTIK DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING: TINJAUAN SISTEMATIS DARI PRINSIP KLASIK HINGGA APLIKASI MODERN

Moch. Syihabudin Nuha, Muh. Nur Alamsyah

Sari

Teori belajar behavioristik telah menjadi landasan fundamental dalam memahami akuisisi pengetahuan dan modifikasi perilaku, berfokus pada pembentukan perilaku yang diinginkan melalui manipulasi stimulus dan respons. Meskipun relevan dalam pendidikan, khususnya bimbingan dan konseling (BK), literatur menunjukkan fragmentasi dalam implementasi teknik behavioristik. Urgensi penelitian ini muncul dari persistensi masalah perilaku maladaptif pada peserta didik, yang memerlukan intervensi BK yang efektif. Penelitian ini bertujuan mensintesis dan menganalisis teknik konseling behavioristik, mengidentifikasi landasan teoritis, relevansi, serta tantangannya. Penelitian ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan) yang sistematis. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti jurnal ilmiah, artikel, dan buku. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, dan analisis data menggunakan content analysis untuk menarik kesimpulan valid berdasarkan isi dokumen. Hasil dan sintesis yang diperoleh dalam studi ini yaitu teori behavioristik memandang belajar sebagai perubahan perilaku yang dapat diamati, dengan prinsip utama penguatan (positif/negatif) dan hukuman. Tokoh-tokoh seperti Thorndike (koneksionisme), Pavlov (pembiasaan klasik), Skinner (operant conditioning), Bandura (belajar sosial), dan Watson (behaviorisme) berkontribusi pada pengembangan teori ini. Dalam konseling behavioristik, teknik dibagi menjadi peningkatan perilaku (reinforcement positif/negatif, token ekonomi, shaping, kontrak perilaku, modeling) dan penurunan perilaku (extinction, time-out, flooding, satiation, punishment, terapi aversi, desensitisasi sistematis). Implementasi teori ini dalam BK menunjukkan efektivitas tinggi, terutama melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) yang memadukan intervensi perilaku dengan restrukturisasi kognitif. CBT terbukti efektif mengatasi kecemasan, perilaku agresif, burnout akademik, prokrastinasi, dan meningkatkan resiliensi serta harga diri. Teknik self-management dan token economy juga efektif dalam menangani adiksi dan meningkatkan kedisiplinan. Keberagaman aplikasi ini menegaskan behaviorisme sebagai kerangka kerja adaptif dalam merespons tantangan perkembangan dan akademik siswa.

Kata Kunci

Behavioristik; Konseling; Pembelajaran; Perilaku; CBT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abadi, D. P., Nuha, M. S., Indreswari, H., & Hotifah, Y. (2023). Perspektif positivisme vs post-positivisme dalam memandang ilmu pengetahuan bebas nilai serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 6(1), 130–138.

Afriana, S., Ramadhana, N. H., Pratiwi, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Teori Operant Conditioning BF Skinner terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 645–659.

Agus Supriyanto, M. P. (2016). Buku Panduan Layanan Konseling Individual Pendekatan behavioristik Teknik Shaping untuk Mengatasi Perilaku Terlambat Datang ke Sekolah.

Alamsyah, M. N., Hidayah, N., Wahyuni, F., & Anas, A. I. (2024). A Systematic Literature Review on the Application of Behavioral Counseling and Self-Management Techniques in Indonesia: Insights into Career Maturity Development. Research in Education, Technology, and Multiculture, 3(1), 18–30. https://doi.org/10.61436/rietm/v3i1.pp18-30

Alang, H. A. (2020). Teknik Pelaksanaan Terapi Perilaku (Behaviour). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 7(1), 22–41. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/14205/8518

Alemdar, H., & Karaca, A. (2025). The effect of cognitive behavioral interventions applied to children with anxiety disorders on their anxiety level: A meta-analysis study. Journal of Pediatric Nursing, 80, e246–e254.

Anam, M. S., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.

Ananda, S. D., & Casmini, C. (2023). Bimbingan Konseling Pribadi Sosial Dalam Meningkatkan Self-Esteem Untuk Mengatasi Kecemasan Karir Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 10(1), 8–18.

Anggraini, S., Rifai, M., & Muhid, A. (2021). Peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam perencanaan karier pada siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 16–23.

Asfar, A., Asfar, A., & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. State University of Surabaya.

Chen, I. (2005). Behaviorism. In Encyclopedia of Distance Learning (pp. 127–147). IGI Global.

Cholewa, B., Smith-Adcock, S., & Amatea, E. (2010). Decreasing Elementary School Children’s Disruptive Behaviors: A Review of Four Evidence-Based Programs for School Counselors. Journal of School Counseling, 8(4), n4.

Damayant, T. A., Jihan, F. D. N., & Arzettisyah, S. E. (2023). Implementasi Konseling Behavioral terhadap Permasalahan Perilaku Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 7(2), 61. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.15954

Du, G., Guo, Y., & Xu, W. (2024). The effectiveness of applied behavior analysis program training on enhancing autistic children’s emotional-social skills. BMC Psychology, 12(1), 568.

Fatima, S., Kirmani, N. S., & Tanweer, L. (2023). Impact of Reinforcement Strategies on Students’ Learning Behaviors in Classroom at Primary Level. Journal of Development and Social Sciences, 4(4), 276–283.

Febriani, G., Putra, D. P., Afrinaldi, & Yusri, F. (2022). Pengaruh Teknik Desensitisasi Sistematik terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Dimasa Pendemi Covid-19 Di SMPN 1 Sungai Pua Gita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.

Habsy, B. A., Salsabila, A., Husna, A. M., & Putri, D. A. M. (2023). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dan Belajar Kognitif Sosial Albert Bandura di Sekolah. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1), 378–393.

Hamruni, Syaddad, I. A., Zakiah, & Putri, D. I. I. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hartati, T. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat GTK Pendidikan Dasar.

Helmiannoor, H. (2020). Konsep “Fungsionalistik Dominan” Edward Lee Thorndike dalam Proses Pembelajaran. Modernity: Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 1(2), 28–38.

Hollan, P. C. (2008). Cognitive versus stimulus-response theories of learning. Learning & Behavior, 36(3), 227–241.

Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.

Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. edu Publisher.

Jaeti, N. F., & Suwarjo, S. (2022). Application of Self-Management Techniques in Group Counseling to Reduce Aggressive Behavior among Students. International Seminar on Innovative and Creative Guidance and Counseling Service (ICGCS 2021), 164–169.

Jakobsen, S., Tølbøll, K. B., Thastum, M., & Lomholt, J. J. (2025). Cognitive Behavioral Interventions for School Attendance Problems: A Systematic Review and Meta-analysis. Child Psychiatry & Human Development, 1–21.

Khurshid, K., Mushtaq, R., Rauf, U., Anwar, N., Abbas, Q., Aljhani, S., Ramzan, Z., & Shahzadi, M. (2025). Cognitive behavior therapy for academic burnout, procrastination, self-handicapping behavior, and test anxiety among adolescents: a randomized control trial. BMC Psychology, 13(1), 94.

Liu, L., Chen, C., & Li, S. (2025). Efficacy of cognitive behavioral group counseling in enhancing the psychological resilience and academic emotion of urban primary school students. BMC Psychology, 13(1), 189.

Lua, Y., & Hamub, Y. A. (2022). Teori Operant Conditioning Menurut Skinner. Jurnal Arrabona, 5.

Mahardika, O. (2023). Reinforcement and punishment depicted by Pip’s behavior in Charles Dickens’s novel and movie Great Expectations. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mann, T. (2015). The Oxford guide to library research. Oxford University Press.

Mcleod, S. (2023). Operant conditioning: What it is, how it works, and examples. Diakses Pada Situs Simply Psychology Https://Www. Simplypsychology. Org/Operant-Conditioning. Html#:~: Text= Positive% 20reinforcement% 20is% 20a% 20term, Reward% 20is% 20a% 20reinforcing% 20stimulus.

Muhyatun, M. (2023). Overcoming Mental and Emotional Challenges in High School Students: The Role of the Counselor in School. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 34–40.

Muzaqi, S., & Islamudin, H. (2021). Penerapan Konseling Behavioral Anak Tunagrahita Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 46–65.

Nathasyafitri, L., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Efektivitas dari Layanan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Guna Mereduksi Permasalahan School Refusal Siswa Remaja di Masa Pandemi. Jurnal BK UNESA, 12(3).

Nuha, M. S., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2025). Counselor Personality and The Development of Personal Theory in Behavioristic Counseling : A Literature-Based Exploration Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan Counselor Personality and The Development of Personal Theory in Behavioristic Counseling : A Literature-Based Exploration. June. https://doi.org/10.24114/altruistik.v5i1.64946

Nurfadillah, N., Muis, A. A., Khaisyurahman, A., & Sapitri, E. (2024). Behavioristic Learning Theory. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 2(1), 1268–1274.

Nurlaisa, R., Saputri, H., Muhyi, A., & Khairat, I. (2025). Pendekatan Konseling Behavioristik dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik: Sebuah Telaah Pustaka. Diversity Guidance and Counseling Journal, 3(1), 55–69.

Putri, M. E., Wibowo, M. E., & Sugiyo, S. (2021). The Effectiveness of Group Counseling With Cognitive Restructuring and Self-Management Techniques to Reduce Academic Procrastination. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 29–35.

Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 89–100.

Rajatman, Y. A., Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2024). Analisis Hubungan Teori Behavioristik Dalam Membentuk Perilaku Mandiri Pada Siswa Di Sekolah Dasar (Sd) Pada Kurikulum Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 6(4).

Sabarrudin, S., Silvianetri, S., & Nelisma, Y. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar: Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 435–441.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.

Shaoying, G. (2024). Behavioristic Learning Theory. In The ECPH Encyclopedia of Psychology (pp. 138–139). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-97-7874-4_1070

Sholiha, S., & Pranoto, H. (2024). Pendampingan Social Behaviour Teraphy Dan Classical Conditioning Teraphy Pada Komunitas Peduli Anak Autis. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 173–185.

Sholikha, A., Widiasari, N. A., Maulana, R. A., Muna, N. R., & Mabruri, H. A. M. (2025). The Effectiveness of Behavioral Counseling Services Using Self-Management Techniques in Reducing Online Gaming Addiction Behaviors in Adolescents. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 105–118.

Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129–7138.

Staddon, J. E. R., & Cerutti, D. T. (2003). Operant conditioning. Annual Review of Psychology, 54(1), 115–144.

Sukhodolsky, D. G., Smith, S. D., McCauley, S. A., Ibrahim, K., & Piasecka, J. B. (2016). Behavioral interventions for anger, irritability, and aggression in children and adolescents. Journal of Child and Adolescent Psychopharmacology, 26(1), 58–64.

Tarsono, T. (2010). Implikasi teori belajar sosial (social learning theory) dari albert bandura dalam bimbingan dan konseling. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36.

Tauhid, R. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 32–38.

Taylor, T. L., & Montgomery, P. (2007). Can cognitive-behavioral therapy increase self-esteem among depressed adolescents? A systematic review. Children and Youth Services Review, 29(7), 823–839.

Zhou, M., & Brown, D. (2015). Educational learning theories.

Zyromski, B., & Joseph, A. E. (2008). Utilizing cognitive behavioral interventions to positively impact academic achievement in middle school students. Journal of School Counseling, 6(15), n15.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.