ANALISIS PEMAHAMAN DAN PRAKTIK PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Kualitatif di Gugus Prabu Jaya Pertika Kota Tasikmalaya)

Ruhana Afifi, Mulatsih Sri Utami, Rachmat Setiawan, Iyus yuswara, Ade Tuty Rokhayati Rosa, Okke Rosmaladewi, Wahyu Satya Gumelar

Sari

Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia, terutama di jenjang sekolah dasar sebagai fondasi pembentukan kepribadian. Namun, pemahaman guru terhadap pendidikan karakter masih beragam. Guru masih mengaitkan pendidikan karakter hanya dengan disiplin dan tata tertib, tanpa pemahaman yang komprehensif. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kebijakan nasional tentang penguatan pendidikan karakter dan implementasinya di tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman dan penerapan pendidikan karakter oleh guru SD di Gugus Prabu Jaya Pertika Kota Tasikmalaya, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik tentang konsep, tujuan, dan nilai-nilai utama pendidikan karakter. Penerapan dilakukan melalui integrasi dalam RPP dan modul ajar, keteladanan, serta pembiasaan kegiatan positif di sekolah. Faktor pendukung meliputi dukungan kelembagaan, pelatihan guru, dan sarana prasarana, sementara hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya dukungan orang tua, latar belakang sosial ekonomi siswa yang beragam, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Meskipun demikian, guru tetap menunjukkan komitmen dan kreativitas dalam mengatasi kendala tersebut seperti menjalin komunikasi dengan orang tua, pendekatan personal kepada siswa, dan optimalisasi waktu belajar untuk integrasi nilai karakter.

Kata Kunci

deskriptif kualitatif, pemahaman guru, penerapan pendidikan karakter

Referensi

Bila, Z. S., & Kurniawan, M. I. (2023). Membangkitkan Sikap Nasionalisme Siswa Melalui Penanaman Nilai Pancasila di Kelas VI SDN Kejapanan III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9632

Damon, W., et al. (2007). Handbook of Child Psychology: Child Psychology in Practice. John Wiley & Sons.

Dewi, N., et al. (2024). Transformation of Character Education in Elementary Schools Through the Merdeka Curriculum and The P5 Project. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 7(2), Article 10035. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v7i2.10035

Fajri, H. M., et al. (2023). The Merdeka Curriculum in Strengthening Character Education in Basic Education. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10938

Fitria , S. R., & Rohman, F. (2025). Implementasi Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik . Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 31–42. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2933

Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317

Ikbal, M., et al. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Religius dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10829–10842. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13995

Kartono, I. W., et al. (2022). Management of Character Education Quality Improvement in Realizing The Noble Morals Of Middle School Students in Boarding Schools. International Journal Of Graduate Of Islamic Education, 3(2), 378–401. https://doi.org/10.37567/ijgie.v3i2.1339

Kurnia, et al. (2023). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran pada Kurikulum Sekolah. PENGABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56386

Lathifah, Z. K., et al. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Warta LPM, 25(2), 164–174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.

Lesmana, F. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua-Guru dalam Mendukung Perkembangan Siswa. Edukatif, 2(2), 185–192. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/64

Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2007). Eleven Principles of Effective Character Education. Washington, DC: Character Education Partnership.

Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Implementasi Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Diklat Berjenjang. ArXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.

Nasution, O. A. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Keteladanan, Pembiasaan, dan Refleksi Diri di SMA Negeri 12 Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 1(1). 371-385. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/87350/75676603795

Nurhafidhah, N., et al. (2024). Development of Teaching Module Based on The Merdeka Curriculum Wit H The Application of Character Integrated Problem Solving Model. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(3), 478–492. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i3.37750

Nurisaa, F., et al. (2025). . Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTPP), 2 (3), 793-800. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1148

Nurul, L., & Wijayanti, R. (2023). Peran Nilai Pribadi dalam Pemahaman Guru terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Karakter, 15(2), 93–105. https://doi.org/10.31002/jppk.v15i2.48901

Oktariani, R., & Saputra, A. A. (2025). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Journal of Education Research and Learning Innovation (JETSLI), 1(2), 1–17. https://jetsli.unimika.ac.id/index.php/jetsli/article/view/35

Pujilestari, Y., & Nurilham, H. (2021). Keteladanan Guru PPKn Terhadap Pembinaan Disiplin di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(2). https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/tapis/article/view/7899

Putri, R. N., & Hidayat, M. T. (2024). Implementasi Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 15(1), 45–55.

Rahadian, R. B., & Budiningsih, C. A. (2023). Development of Classroom Management Based on Student Learning Style Database. Papernia: Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research, 1(1), 1-8. https://arxiv.org/pdf/2302.04057

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.

Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Rifki, M., et al. (2023). Internalisasi Nilai Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1). https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4274

Risani, A., et al. (2025). Optimalisasi sarana dan prasarana dalam mewujudkan pendidikan karakter di SD Runiah School Makassar. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(2). https://doi.org/10.33627/es.v7i2.3142

Romualdi, K. B., & Kumalasari, D. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Tinjauan Perspektif Peserta Didik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/9151

Rosita, D., et al. (2022). Pendidikan Karakter: Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.

Sahiba, A., & Hartati, Z. H. (2022). Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa. Islamika, 4(1). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6838

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahid, S. (2024). Pengaruh Nilai-Nilai Kejujuran dan Kedisiplinan dalam Pembelajaran terhadap Perilaku Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 24(1), 173–183. https://doi.org/10.35965/eco.v24i1.4278

Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gava Media.

Yuliana, R., & Haryanto, A. (2021). Sinergi Guru Kelas dan Guru Agama dalam Menanamkan Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 88–97. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.

Zaini, R. (2025). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal Innovation in Education (INOVED), 3(1), 236–243. https://doi.org/10.59841/inoved.v3i1.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.