ANALISIS PEMAHAMAN DAN PRAKTIK PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Kualitatif di Gugus Prabu Jaya Pertika Kota Tasikmalaya)
Sari
Kata Kunci
Referensi
Bila, Z. S., & Kurniawan, M. I. (2023). Membangkitkan Sikap Nasionalisme Siswa Melalui Penanaman Nilai Pancasila di Kelas VI SDN Kejapanan III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9632
Damon, W., et al. (2007). Handbook of Child Psychology: Child Psychology in Practice. John Wiley & Sons.
Dewi, N., et al. (2024). Transformation of Character Education in Elementary Schools Through the Merdeka Curriculum and The P5 Project. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 7(2), Article 10035. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v7i2.10035
Fajri, H. M., et al. (2023). The Merdeka Curriculum in Strengthening Character Education in Basic Education. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10938
Fitria , S. R., & Rohman, F. (2025). Implementasi Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik . Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 31–42. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2933
Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317
Ikbal, M., et al. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Religius dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10829–10842. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13995
Kartono, I. W., et al. (2022). Management of Character Education Quality Improvement in Realizing The Noble Morals Of Middle School Students in Boarding Schools. International Journal Of Graduate Of Islamic Education, 3(2), 378–401. https://doi.org/10.37567/ijgie.v3i2.1339
Kurnia, et al. (2023). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran pada Kurikulum Sekolah. PENGABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56386
Lathifah, Z. K., et al. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Warta LPM, 25(2), 164–174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.
Lesmana, F. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua-Guru dalam Mendukung Perkembangan Siswa. Edukatif, 2(2), 185–192. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/64
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2007). Eleven Principles of Effective Character Education. Washington, DC: Character Education Partnership.
Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Implementasi Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Diklat Berjenjang. ArXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.
Nasution, O. A. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Keteladanan, Pembiasaan, dan Refleksi Diri di SMA Negeri 12 Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 1(1). 371-385. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/87350/75676603795
Nurhafidhah, N., et al. (2024). Development of Teaching Module Based on The Merdeka Curriculum Wit H The Application of Character Integrated Problem Solving Model. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(3), 478–492. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i3.37750
Nurisaa, F., et al. (2025). . Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTPP), 2 (3), 793-800. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1148
Nurul, L., & Wijayanti, R. (2023). Peran Nilai Pribadi dalam Pemahaman Guru terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Karakter, 15(2), 93–105. https://doi.org/10.31002/jppk.v15i2.48901
Oktariani, R., & Saputra, A. A. (2025). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Journal of Education Research and Learning Innovation (JETSLI), 1(2), 1–17. https://jetsli.unimika.ac.id/index.php/jetsli/article/view/35
Pujilestari, Y., & Nurilham, H. (2021). Keteladanan Guru PPKn Terhadap Pembinaan Disiplin di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(2). https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/tapis/article/view/7899
Putri, R. N., & Hidayat, M. T. (2024). Implementasi Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 15(1), 45–55.
Rahadian, R. B., & Budiningsih, C. A. (2023). Development of Classroom Management Based on Student Learning Style Database. Papernia: Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research, 1(1), 1-8. https://arxiv.org/pdf/2302.04057
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.
Rifki, M., et al. (2023). Internalisasi Nilai Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1). https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4274
Risani, A., et al. (2025). Optimalisasi sarana dan prasarana dalam mewujudkan pendidikan karakter di SD Runiah School Makassar. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(2). https://doi.org/10.33627/es.v7i2.3142
Romualdi, K. B., & Kumalasari, D. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Tinjauan Perspektif Peserta Didik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/9151
Rosita, D., et al. (2022). Pendidikan Karakter: Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.
Sahiba, A., & Hartati, Z. H. (2022). Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa. Islamika, 4(1). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6838
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahid, S. (2024). Pengaruh Nilai-Nilai Kejujuran dan Kedisiplinan dalam Pembelajaran terhadap Perilaku Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 24(1), 173–183. https://doi.org/10.35965/eco.v24i1.4278
Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gava Media.
Yuliana, R., & Haryanto, A. (2021). Sinergi Guru Kelas dan Guru Agama dalam Menanamkan Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 88–97. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.
Zaini, R. (2025). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal Innovation in Education (INOVED), 3(1), 236–243. https://doi.org/10.59841/inoved.v3i1.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.