ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 10 PURWOREJO

Siti Choirummunawaroh, Sugeng Eko Putro Widoyoko, Cahyo Apri Setiaji

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS ekonomi ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMAN 10 Purworejo, serta mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasi. Populasi berjumlah 142 dan diambil sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 105 adapun teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, analisis dokumen, angket dan tes. Analisis data dengan analisis deskripsi dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil motivasi belajar peserta didik sebagian besar memperoleh kategori sedang namun hasil kemampuan berpikir kritis ekonomi sebagian besar pada kategori rendah, (2) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis ekonomi dengan nilai signifikansi 0,274. Motivasi belajar peserta didik mayoritas berada pada tingkat sedang namun hasil berpikir kritis ekonomi berada pada kategori rendah, artinya, motivasi belajar bukanlah faktor kuat dalam berpikir kritis melainkan terdapat faktor lain yang memiliki hubungan lebih kuat dengan berpikir kritis.

Kata Kunci

Berpikir Kritis; HOTS; Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tngkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758

Doang, W., Gunayasa, I. B. K., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Budaya Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 3 Lenek Daya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.538

Fahruddin, F., Nurfathurrahmah, N., Bakhtiar, B., & Rubianti, I. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dipadukan Kontekstual. ORYZA ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 8(1), 26–30. https://doi.org/10.33627/oz.v8i1.163

Fitriyanto, C. (2023). Hikamussalafiyah Oleh : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Metro Tahun Pelajaran 1445 H / 2023 M. Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro.

Gunartha, I. W. (2024). Pengembangan Penilaian Berorientasi Hots: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Era Global Abad Ke-21. Widyadari, 25(1), 133–147. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3660

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223

Liska, Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pendahuluan Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat , menyababkan perubahan hampir disemua bidang kehidupan . Sejalan den. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161–170.

Musafak, M. F., Sunismi, & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaiakan Soal Hots Pada Materi Spldv Kelas Viii Smp Negeri 1 Wajak Berdasarkan Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(1), 1–14.

Muwaffiq, M. N., Fatah, H. M., & Ibrahim. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs). PHYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 19–28. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3615

Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan. https://doi.Org/10.22373/P-Jpft.V3i3.14843

Pratama, A. Y. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23021

Rosmaini. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869–879. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4767

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3), 1–7.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: CV Adanu Abimata.

Sudrajat, D. R., Disman, D., & Waspada, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Khz Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 122. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.4636

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Kedua). Bandung: Alfabeta.

Susanti, W., Saleh, L. F., Nurhabibah, Gultom, A. B., Saloom, G., & Ndorang, T. (2020). Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.

Uno, H. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Widoyoko, S. E. P. (2025). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian: Panduan Bagi Mahasiswa dan Peneliti (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 4(1), 213–223.

Yunipiyanto, M. R., Trisnaningsih, & Pujiati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 1–15.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–17.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.