ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 10 PURWOREJO
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tngkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758
Doang, W., Gunayasa, I. B. K., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Budaya Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 3 Lenek Daya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.538
Fahruddin, F., Nurfathurrahmah, N., Bakhtiar, B., & Rubianti, I. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dipadukan Kontekstual. ORYZA ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 8(1), 26–30. https://doi.org/10.33627/oz.v8i1.163
Fitriyanto, C. (2023). Hikamussalafiyah Oleh : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Metro Tahun Pelajaran 1445 H / 2023 M. Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro.
Gunartha, I. W. (2024). Pengembangan Penilaian Berorientasi Hots: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Era Global Abad Ke-21. Widyadari, 25(1), 133–147. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3660
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Liska, Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pendahuluan Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat , menyababkan perubahan hampir disemua bidang kehidupan . Sejalan den. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161–170.
Musafak, M. F., Sunismi, & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaiakan Soal Hots Pada Materi Spldv Kelas Viii Smp Negeri 1 Wajak Berdasarkan Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(1), 1–14.
Muwaffiq, M. N., Fatah, H. M., & Ibrahim. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs). PHYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 19–28. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3615
Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan. https://doi.Org/10.22373/P-Jpft.V3i3.14843
Pratama, A. Y. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23021
Rosmaini. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869–879. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4767
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3), 1–7.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: CV Adanu Abimata.
Sudrajat, D. R., Disman, D., & Waspada, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Khz Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 122. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.4636
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Kedua). Bandung: Alfabeta.
Susanti, W., Saleh, L. F., Nurhabibah, Gultom, A. B., Saloom, G., & Ndorang, T. (2020). Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.
Uno, H. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Widoyoko, S. E. P. (2025). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian: Panduan Bagi Mahasiswa dan Peneliti (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 4(1), 213–223.
Yunipiyanto, M. R., Trisnaningsih, & Pujiati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 1–15.
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–17.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
