PEMANFAATAN SITUS GALUH SALAWE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 CIMARAGAS

Sopian Hadi, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Situs Galuh Salawe sebagai media pembelajaran sejarah berbasis audio visual di SMAN 1 Cimaragas. Pembelajaran sejarah yang konvensional seringkali menyebabkan rendahnya minat dan pemahaman mereka terhadap materi sejarah lokal. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual yang memanfaatkan Situs Galuh Salawe dapat meningkatkan minat, pemahaman, dan motivasi belajar sejarah peserta didik. Situs Galuh Salawe merupakan petilasan Sanghyang Cipta Permana Prabu Digaluh yang menyimpan sejarah asal – usul Kabupaten Ciamis yang identik dengan sebuah kerajaan bernama Kerajaan Galuh. Guru Sejarah di kelas X-E-2 SMAN 1 Cimaragas memanfaatkan Situs Galuh Salawe dengan menggunakan Media Audio Visual dalam pembelajaran agar efektif dan efesien. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran sejarah yang kontekstual dan inovatif di sekolah menengah atas. Penelitian merekomendasikan integrasi lebih lanjut dari Media Audio Visual dalam pembelajaran sejarah untuk mendukung pemahaman yang lebih mendalam mengenai warisan budaya.

Kata Kunci

Media Audio Visual, Situs Galuh Salawe, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akmal, M. I., & Yefterson, R. B. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Animation Video Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Peserta Didik Kelas 11 Fase F di SMA N 10 Padang. Jurnal Kronologi, 5(3), 143-154. https://doi.org/10.24036/jk.v5i3.733

Amini, Siregar, A., Tanjung, H. B., Wulandari, I. S., Dianti, I. A., & Sipahutar, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas X IIS MAS Islamic Centre Medan. Journal on Education, 5(3), 9322–9331. http://jonedu.org/index.php/joe

Ardini, J. P. & Sumardi, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Software Prezi pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 258–266. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1609

Asy’ ari, F. H., & Haqibillah, M. Z. (2022). Pemanfaatan Teknologi (Lcd Dan Aplikasi Power Point) Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.8964

Ayesma, P., & Ibrahim, N. (2021). Film Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 131-147. https://doi.org/10.21009/JPS.102.03

Brata, Y. R., Wijayanti, Y., & Sudarto, S. (2022). Penyuluhan Tentang Arti Pentingnya Penetapan Cagar Budaya Bagi Juru Pelihara Di Kabupaten Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 871-878. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7689

Cuprianto, C., & Firmansyah, M. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Politik Siswa Sekolah Menengah Atas. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 61-67. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.118

Deni Hendri Anto, Idmansyah Idmansyah, Dendi Dendi, Zulfani Sesmiarni, & Herlina Rasyid. (2023). Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didik. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 149– 162. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.678

Hakimah, N. Il., Muhammad, S., & Mustafida, F. (2023). pemanfaatan media audio-visual pada mata pelajaran tematik di MI nurul ulum. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5, 370–382.

Hardiyanti, M., Hasriani, A., & Wahab, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Salahuddin Al-Ayyubi Di SMA-It Ar-Rahmah Makassar. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 205-209. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.311

Insani, N. N. (2024). Tantangan dan Hambatan dalam Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa: Konsep Dan Implementasi Di Indonesia, 79.

Januardi, A., & Superman, S. (2024). Rancangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Tradisi dan Sejarah Lokal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 689-695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6369

Kolopita, T. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di madrasah tsanawiyah miftahul khoir buyat kecamatan kotabunan (Issue 8.5.2017). Institut Agama Islam Negri (IAIN) Manado.

Leluni, S., Susanto, Y., Karso, K., Arianti, S., & Murae, M. (2025). Pemanfaatan situs cagar budaya singa ngenuh sebagai sumber pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas XI SMKN 1 Gunung Timang. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.33503/maharsi.v7i1.1457

Lestari, N. I., Rachmedita, V., & Sinaga, R. M. (2024). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Situs Sejarah Lokal Lampung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 4(2), 653-663. https://doi.org/10.30998/je.v4i2.2773

Maulidan, A. C., & Darmawan, W. (2024). Implikasi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Persatuan Indonesia. Jurnal Artefak, 11(1), 49-64. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v11i1.13671

Mu’ minin, M. I. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Vol. 1, Issue 1) [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45

Musarofah, N., Nurhasanah, A., Prayoga, M. aditya, Zulfansyah, R., & Nurfadilah. (2023). Implementasi perencanaan pembelajaran sejarah di SMAN Cahaya Madani Banten (boarding school) Pandeglang. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Neliwati, N., Azminur, S., Purba, A. A. B., & Abdilah, M. R. (2023). Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Berlandaskan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Beringin. JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu 71 Pendidikan, 6(4), 2360–2363. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1829

Nugraha, F. (2020). Pendidikan dan pelatihan Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Litbangdiklat Press.

Nurhasanah. (2021). Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di masa pandemi Covid-19 SDN 169 seluma kabupaten seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Nurpratiwi, H., Joebagio, H., & Suryani, N. (2017). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sejarah Wanita pada Mahasiswa. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 1-8.

Nursobah, A. (2021). Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 13(1), 377–386. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.4384

Rasyidin, W., Sadulloh, U., Suyitno, Kesuma, D., Somarya, D., Kurniasih, Robandi, B., Setiasih, O., Hendriani, A., Nuryani, P., & Syaripudin, T. (2017). Landasan pendidikan. UPI Press Universitas Pendidikan Indonesia.

Ratih, D. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi misalin di kecamatan cimaragas kabupaten ciamis. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 15, 45–57.

Robin, A. A., & Jumardi, J. (2023). Museum Virtual Sumpah Pemuda Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(3), 629-638. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1437

Santosa, Y. B. P., Maulana, W., & Djono, D. (2025). Penguatan Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran Sejarah Jenjang SMA. Jurnal Artefak, 12(1), 93-106. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v12i1.18369

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 200.

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203-212. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Sulistyo, W. D., Khakim, M. N. L., Jauhari, N., Dewanti, M. A., & Setyawan, A. D. (2021). Implementasi Aplikasi Model Pembelajaran “Jelajah Situs Air Malang Raya” Untuk Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Lokal dan Upaya Pelestarian Situs Sejarah bagi Siswa SMKN 2 Singosari. Jurnal Artefak, 8(1), 27-36. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i1.4124

Suryadi, A. (2022). Life Skill Dalam Pembelajaran Sejarah (N. Mahendra (ed.); 1st ed.). Lakeisha.

Suryani, Y., & Muhammad Fahmi, R. F. (2021). Tradisi Misalin, Situs Bojong Salawe Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 2(1), 65–88. https://doi.org/10.51190/jazirah.v2i1.5

Tanggur, F. S., Lawa, S. M. N., & Harmansyal, H. (2022). Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran di daerah pedalaman Pulau Timor. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 188–196. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/view/485

Wilantara, P., & Kartolo, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam teks cerita ulang biografi pada siswa sekolah menengah atas. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 129-137. https://doi.org/10.29210/30031681000

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.