IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA SITUS SINGAPERBANGSA III DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 1 PAMARICAN

Agus Saputra, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih

Sari

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pamarican melalui penerapan MetodeContextual Teaching And Learning (CTL) dengan memanfaatkan Situs Singaperbangsa III dalam pembelajaran sejarah.Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angketmotivasi belajar, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, dengan data yangdiperoleh dari observasi dan wawancara lapangan. Analisis dilakukan secara terus menerus selama penelitian berlangsung,dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Situs Singaperbangsa III dengan MetodeContextual Teaching And Learning (CTL) meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pamarican dalampelajaran sejarah. Proses melibatkan perencanaan pembelajaran, penelitian pendahuluan, dan dua siklus pembelajaran.Metode CTL memberikan relevansi materi sejarah dengan kehidupan sehari-hari, mendorong partisipasi aktif siswa, danmembantu mereka menjadi pembelajar mandiri. Observasi mengenai indikator minat belajar menunjukkan pencapaian rata-rata75,88%, dengan kategori "Baik", penelitian ini dikatakan berhasil karena hasil dari penelitian menunjukan pencapaian melebihiindikator keberhasilan yaitu 73%.

Kata Kunci

Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Minat Belajar, Metode Contextual Teaching and Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agustinus Ufie (2020) ‘View of Menggagas Pembelajaran Sejarah Yang Inovatif.

Aidinopoulou, V., & Sampson, D. G. (2017). An action research study from implementing the flipped

classroom model in primary school history teaching and learning. Journal of Educational

Technology & Society, 20(1), 237-247. http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.20.1.237

Bleicher, R. E. (2014). A collaborative action research approach to professional learning.

Professional development in education, 40(5), 802-821.

https://doi.org/10.1080/19415257.2013.842183

Garvey, Brian dan Krug, M. (1997) Models of History Teaching in the Seecondary School. Oxford

University Press.

Haerazi, H., Prayati, Z., & Vikasari, R. M. (2019). Practicing Contextual Teaching And Learning

(CTL) Approach To Improve Students’reading Comprehension In Relation To Motivation.

English Review: Journal of English Education, 8(1), 139-146.

https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.2011

Hamid, A. (2017) ‘Guru Professional’, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Kemasyarakatan, 17(32 Keislaman

dan), pp. 274–275. Available at:

http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26.

Helius Sjamsuddin (2012) ‘Model Pendekatan Pembelajaran Sejarah’, Agastya: Jurnal Sejarah Dan

Pembelajarannya, 02, pp. 11–20. Available at: http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JA/article/view/764.

Mertler, C. A. (2024). Action research: Improving schools and empowering educators. Sage

Publications.

Nurhadi (2003) Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Yestiani, D.K. and Zahwa, N. (2020) ‘Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar’,

Fondatia, 4(1), pp. 41–47. Available at: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.