PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

Totong Budiarto

Sari


Sebuah penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019 dengan topik penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran matematika pada pokok materi peluang kejadian majemuk.  Penelitian tindakan kelas ini  berlangsung dalam dua siklus masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019.  Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data diolah secara kualitatif yang terdiri dari tiga tahap pokok, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ekspositori dapat meningkatkan pengetahuan tentang peluang kejadian majemuk siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan kinerja guru dan keterampilan belajar siswa menjadi lebih positif terhadap pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan dalam persentase penguasaan materi dengan nilai rata-rata sebesar 20.0% dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 88.6%. Selain itu, setelah mendapatkan tindakan melalui strategi ekspositori, siswa kelas XII IPA 6 lebih memiliki sugesti positif terhadap pembelajaran, memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai, memiliki keingintahuan terhadap materi, konsentrasi, antusias, berpikir kritis, dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Kata Kunci: Strategi Ekspositori, Pengetahuan Siswa, Peluang Kejadian Majemuk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamruni. (2009). Strategi dan Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah.

Moeslichatun, R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Trianto. (2007). Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4402

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.