PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 2 CIAMIS

Yuyun Yunani

Sari


Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanaan dan mendeskripsikan hasil belajar siswa  menggunakan multimedia dalam pembelajaran PAI kelas IX C SMP Negeri 2 Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 30 siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Ciamis tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi.  Kemudian hasil refleksi tersebut dijadikan acuan untuk merencanakan pembelajaran pada siklus berikutnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa pemaparan frekuensi dan persentase hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi qurban dan aqiqah pada siklus I tergolong baik mencapai 70%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dan III, dengan masing-masing diperoleh nilai baik menjadi 100%; 2) Penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi qurban dan aqiqah mengalami peningkatan mulai dari siklus I memperoleh nilai baik mencapai 80%, siklus II 97% dan siklus III 100%; 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata siklus I sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 83%, meningkat pada siklus II menjadi  88 dengan ketuntasan klasikal 86,7% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90,2 dengan ketuntasan klasikal 100%. Kata kunci: Multimedia, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, T. (2004). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya

Buchori, M. (1994). Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fathurrohman, P. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Tunas Nusantara.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.