PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KAWALU

Haryati Haryati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Inside Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kawalu Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian terdiri dari 25  siswa. Penelitian dilakukan selama 2 bulan mulai bulan Agustus sampai dengan September 2019. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, dengan KKM pada mata pelajaran IPA adalah 70, diperoleh data sebagai berikut:1) sebelum menggunakan metode Inside Outside Circle hanya ada 9 (36%) siswa yang tuntas, sedangkan 16 (64%) siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata nilai baru mencapai 58,16; 2)Setelah diterapkan metode Inside Outside Circle dalam mata pelajaran IPA pada siklus I, nilai rata-rata belajar siswa sebesar 68,52 dengan 15 (60%) siswa tuntas, dan 10 (40%) siswa tidak tuntas; 3) Setelah dilakukan refleksi pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata meningkat menjadi sebesar 80,28 dan siswa yang tuntas sebanyak 20 (80%), sedangkan 5 (20%) orang siswa tidak tuntas atau belum memenuhi KKM yang ditentukan. Hasil penelitian  dapat disimpulkan  bahwa dengan menggunakan metode Inside Outside Circle, hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Kawalu Kota Tasikmalaya meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inside Outside Circle

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A & Supatmo, A. (2000). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4405

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.