PENERAPAN MODEL KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU TK DALAM MENDESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

Martha Dadde Silasa

Sari


Pendidikan Taman Kanak-kanak adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun, pendidikan Taman Kanak- kanak dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Sistem pendidikan ini  diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan bersama- sama untuk peneliti dan decision maker tentang variabel yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Salah satu upaya dalam pemberdayaan guru adalah melalui pelaksanaan KKG sehingga dengan pelaksanaan KKG dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pengembangan; 2) Peran pengawas sekolah berperan dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tindakan penelitian dengan menggunakan 2 siklus yang diketahui ada perubahan kemampuan guru dalam membuat desain pengembangan setelah mengikuti KKG sebesar 92,63%; dan 3) Melalui kegiatan KKG guru dapat memperoleh wawasan tentang pentingnya pemberdayaan guru dalam KKG melalui model konseling karena dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan profesionalisme kerja guru. Kata Kunci : Model Konseling, Desain Pengembangan Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cully, K, B., & Harper, F. N. (Eds.). (1969). Will the church lose the city?. New York & Cleveland: World Publishing Co.

Depdikbud. (2000). Petunjuk Teknis Pelaksanaan KKG. Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat.

Kristiadi, J. (1996). Pemilihan Umum dan Perilaku Pemilih di Indonesia. Prisma. Jakarta: LP3ES.

Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2004). Designing effective instruction, 4thedition. New York, NY: John Wiley & Sons Inc.

Mulyati, D. (2005). Workshop TOT KKG, Makalah.

Seel, B. B & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of The Fields. Washington. D.C.: Association for educational Communications and technology (AECT).

Supriyadi. (1998). Guru di Indonesia. Depdiknas, Direktorat tenaga Kependidikan Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Negara Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4415

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.