MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN MELALUI SHARING PENGALAMAN MENGAJAR DALAM FORUM KKG

Maman Maman

Sari


Fokus Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah mencoba menggali manfaat sharing pengalaman mengajar dalam forum KKG bagi peningkatan membuka dan menutup pelajaran serta penguasaan konsep guru dalam mata pelajaran SD Negeri 1 Karangsambung Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen karena pada peneliti memberikan perlakuan tertentu. Subyek penelitian ini adalah guru-guru peserta KKG yang terdiri dari guru di SD Negeri 1 Karangsambung Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,:1) Sharing pengalaman mengajar dalam forum KKG bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan membuka dan menutup pelajaran. Hal ini terlihat dari fakta-fakta bahwa semua guru mampu memunculkan semua aspek membuka pelajaran yaitu menarik perhatian siswa, memotivasi siswa, memberi acuan atau batasan serta membuat kaitan dengan materi sebelumnya; dan 2) semua guru mampu memunculkan seluruh aspek  menutup pelajaran yaitu meninjau kembali, mengevaluasi, dan menginformasikan bahan berikutnya dengan menunjukkan waktu yang digunakan untuk membuka pelajaran semakin bertambah, secara berturut-turut dari observasi. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Sharing, Forum KKG

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abruscato, J. (1982). Teaching Children Science. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Amin. (1997). Mengatasi Krisis Setengah Baya. Bandung : Sinar Baru.

Buchori, M. (2007). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta : Penerbit Diva Prees.

Kotten, N. B. (2005). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12 (1), 1-14.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Olivia, P.F. (1984). Supervision for Today's Schools. London : Pearson Longman.

Satori, D. (1980). Administrasi Pendidikan. Bandung: Fip IKIP.

Saud, U.S. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Widodo, J. (2007). Supervisi Guru Mata Pelajaran Ekonomi di Indonesia: antara Teori dan Realita. Dinamika Pendidikan, 2 (2), 291-313.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.