MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI 2 TANJUNG

Dadah Kusmiati

Sari


 Sebagai motivator, guru harus mampu membangkitkan motivasi para siswa agar aktivitas mereka dalam proses pembelajaran berhasil dengan baik. Salah satu cara untuk membangkitkan aktivitas para siswa dalam proses pembelajaran adalah menggunakan media yang menarik, salah satunya adalah menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS terhadap siswa kelas V A SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya dengan menggunakan media video. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 25  siswa sebagai subjek penelitian yang berasal dari kelas V A SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi.  Data dari tes siswa di analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan prestasi belajar IPS terhadap siswa kelas V A SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya. Pada pra siklus, siswa yang tuntas ada 8 siswa (32%),  kemudian meningkat pada siklus I sebesar 14 siswa (56%).  Pada siklus II terdapat peningkatan lagi sebesar 21 siswa (84%). Sedangkan siswa yang belum tuntas mengalami penurunan pada pra siklus sebanyak 17 siswa  (68%), pada siklus I turun menjadi 11 siswa (44%) dan pada siklus II mengalami penurunan kembali sebanyak 4 siswa (16%). Siswa yang belum tuntas diberikan tugas tambahan berupa menghafalkan teks proklamasi dan dibacakan di depan kelas. Rata- rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu pra tindakan sebesar 58,64, siklus I meningkat sebesar 65,84 dan pada siklus II meningkat kembali sebesar 83.Kata Kunci: Prestasi belajar, IPS, Media Video, Siswa Kelas V 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 33-40.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmawati, L. Y. (2013). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VB SD Kanisius Sengkan dengan Media Audio Visual. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4803

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.