PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM

Resta Agustiany, Endang Hardi, Nur Ilmiyati

Sari


 Pengajaran biologi yang berlangsung di Sekolah pada umumnya sudah sangat baik terlebih dengan adanya penggunaan teknologi zaman sekarang yang semakin berkembang. Penggunaan berbagai macam teknologi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Oleh karena itu,  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa melalui penggunaan media audio visual dan media peta konsep pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom  pada bulan April 2020 terhadap 20  siswa kelas X IPA 1 dan 20 siswa X IPA 2 di SMA Negeri 2 Ciamis yang dipilih  menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X IPA 1  menggunakan media audio visual dan kelas X IPA 2 menggunakan media peta konsep. Penelitian ini menggunakan  metode quasi eksperimental dengan instrumen  penelitian berupa tes tertulis sebanyak 20 nomor untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa. Adapun hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 5% diperoleh nilai  t-hitung sebesar 8,91 dan  t- tabel (0,975) sebesar  2,02, karena t- hitung  >   t- tabel, maka Ho  ditolak dan Ha  diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media audio visual dan media peta konsep pada materi ekosistem.Kata kunci : Media Audio Visual, Media Peta Konsep, Hasil Belajar Kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A, N., Ilmiyati, N., & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 33-40.

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Buzan, T. (2010). Memahami Peta Pikiran: The Mind Map Book. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. S. (2014).Penerapan Media Pembelajaran Biologi SMA dengan Menggunakan Model Direct Instruction. Jurnal Pena Sains. 1(1), 29–40.

Prabowo, P. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Peta Konsep dan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian, 5 (1), 67-74.

Wati, E, R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4815

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.