MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD NEGERI LIUNGGUNUNG

Eros Rosita

Sari


 Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kompetensi guru dalam  menyusun Silabus dan RPP masih rendah. Hal ini  menuntut kepala sekolah untuk melakukan supervise akademik secara berkelanjutan agar dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) supervise akademik yang berkelanjutan yang mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP; dan 2) langkah-langkah pemberian supervise akademik yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Liunggunung Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SD Negeri Liunggunung Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 30% menjadi 80% setelah supervise akademik. Selain itu jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 30% menjadi 90%. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun Silabus dan RPP, Supervisi Akademik yang Berkelanjutan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arman, A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 55–62.

Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena Journal, 5(1), 100–112.

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusumah, W & Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Prihono, H. (2014). Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK di Kabupaten Wonogiri. Educational Management, 3(2), 126–132.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136-144.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4846

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.