MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK

Heni Yulia

Sari


Guru sekolah dasar menjadi ujung tombak keberhasilan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas sehingga harus benar-benar memiliki kemampuan dan sikap profesional yang tinggi agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan siswa yang  berkualitas. Supervisi akademik merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam merencanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran di  SD Negeri 2 Kawalu.  Penelitian tindakan kelas ini menggunakan  instrumen dalam bentuk pretes, lembar observasi dan pedoman wawancara; serta melibatkan guru-guru SD Negeri 2 Kawalu sebagai sumber penelitian. Hasil penelitian  menunjukan  bahwa kemampuan guru dalam penguasaan perumusan komponen-komponen RPP rata-rata terdapat penaikkan yaitu sangat menguasai hanya 20%, yaitu 14,44% ( siklus 1) menjadi 34,44 % (siklus 2). Dikuasai dari 27,78% menjadi 35,56% artinya terdapat kenaikkan sebesar 7,78 %. Penurunan terjadi pada  kurang dikuasai dari 41,44 % menjadi 25,56 %, dan tidak dikuasai dari 14,44% menjadi 4,44%.Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Supervisi Akademik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (cetakan ketujuh). Jakarta: Bumi Aksara.

Engkoswara. (2001). Paradigma Manajemen Pendidikan. Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung. Yayasan Amal Keluarga.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sagala, S. (2009). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 1-10.

Suhardan, D. (2006). Supervisi Bantuan Profesional. Bandung: Mutiara Ilmu.

Wijaya, K & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4863

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.