PELAKSANAAN QUESTION STUDENT HAVE METHOD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA

Firman Aryansah

Sari


Rendahnya prestasi belajar atau hasil belajar siswa merupakan masalah yang menjadi topik utama di Lembaga Pendidikan. Hal ini dapat tergambar dari tidak tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk itu diperlukan penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1)Memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal dan akhir; 2)Memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Question Student Have pada pengukuran awal dan akhir. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen denga Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah SMA N 1 Banjarsari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dengan pencapaian nilai rata-rata pretest 55,29 dan nilai rata-rata posttest 86,91. Kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata N-Gain 0,71 (tinggi); 2)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 dengan pencapaian nilai rata-rata pretest 54,39 dan nilai rata-rata posttest 83,10. Kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata N-Gain 0,63 (sedang) dan 3)Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Konvensional dengan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Question Student Have. Hasil perhitungan Uji F menyatakan bahwa harga fhitung yang diperoleh dari hasil posttest yakni sebesar 2,035 dan harga ftabel sebesar 1,851. Hasil analisis menunjukan fhitung > ftabel, maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Question Student Have. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Question Student Have

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningsih, R. A. S. (2014). Pengaruh Penerapan Questions Student Have dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Mts Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Skripsi. Pekan Baru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 08 februari 2017, 8:39)

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. L. (2014). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tari, H. D ., Suwirta, U., & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.