PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWADAYA KARANGNUNGGAL

Sheli Resti Asmara, Tati Heryati, Rita Patonah

Sari


Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya prestasi belajar merupakan suatu masalah dalam pembelajaran. Salah satu faktor rendahnya prestasi belajar dilatarbelakangi oleh lingkungan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) kondisi lingkungan teman sebaya peserta didik; 2) Tingkat pestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Akuntansi; dan 3) Pengaruh kondisi lingkungan teman sebaya terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: 1) Kondisi lingkungan teman sebaya termasuk kategori baik; 2) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akuntansi masih belum optimal dengan ditandai adanya peserta didik yang belum mencapai nilai Standar Ketuntasan Minimal; dan 3) Lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik.Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prodedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, Y. (2016). Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1(1): 1-14.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyono, N. (2016). Kurikulumdan Pembelajaran. Bandung: Risqi Press.

Novandi, R. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas IX SMK Negeri 7 Yogyakarta. (Online).Tersedia pada:

http://scholar.google.co.id/scholar?q=pengaruh+motivasi+belajar+dan+lingkungan+teman+sebaya+terhadap+prestasi+belajar&hl=id&as_sdt=o&as_vis=1&oi=scholar#d=gs_qabs&u=%23p%3DUIG3jxCyAk4J

Nugroho, R. S., Santoso, D., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. JIKAP (Jurnal Informasi dan Administrasi Perkantoran), 2(2): 93-103

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Persada.

Santrock, W. J. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Salemba Humanika.

Sidiq, Q. A. I. (2016). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika SiswaKelas V Sekolah Dasar Gugus Gajah Mada Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen.(Online).Tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id/40877/

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Tari, H. D ., Suwirta, U., & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 19-26.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.