UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI

Tati Rohayati

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri I Karangsambung Kota Tasikmalaya. Selain itu,  rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan disebabkan oleh kurangnya media yang digunakan dalam proses belajar mengajar dan metode yang digunakan masih konvensioanal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri I Karangsambung Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri I Karangsambung  Kota Tasikmalaya yang berjumlah 39 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri  I Karangsambung Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Pada siklus I ketuntasan belajar menulis siswa baru mencapai 46,15% dengan nilai rata-rata sebesar 66,03; dan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 71,79% dengan nilai rata-rata 72,21.  Selanjutnya pada siklus III ketuntasan belajar siswa menjadi lebih meningkat mencapai 94,87% dengan nilai rata-rata sebesar 80,44.Kata Kunci: Menulis Karangan, Bahasa Indonesia, Media Gambar Seri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Afifah, A. N., Ilmiyati, N & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 33-40.

Putra, N. A. (2016). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4), 230-242.

Slamet, S. Y. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 1-10.

Tari, H. D ., Suwirta, U & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 19-26.

Tarigan, H. G. (1987). Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4917

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.