PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS

Titoh Tohariah

Sari


Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa di kelas III SD Negeri Karangtengah Kota pada pembelajaran IPS, belum mencapai KKM sebagaimana yang telah ditentukan pihak sekolah. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor,  salah satunya karena  pembelajaran IPS di kelas III SD Negeri Karangtengah Kota Tasikmalaya masih kurang melakukan pembelajaran yang kondusif. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Karangtengah Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada paparan data hasil belajar siswa diperoleh data awal sebanyak 11 orang siswa tuntas dan 17 orang siswa belum tuntas dengan persentase 39,29% ketuntasan dan 60,71% belum tuntas. Pada siklus I diperoleh peningkatan ketuntasan yaitu sebanyak 18 orang siswa tuntas dan 3 orang siswa belum tuntas yang apabila dipersentasekan 64,29% tuntas dan 35,71% belum tuntas. Pada silkus II pun terjadi peningkatan ketuntasan siswa yaitu hampir keseluruhan siswa telah tuntas dengan prosentase 89,29%.Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 33-40.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Chizbullah, Y. I., Kurnia, D., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Media Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menunjukan Jenis Dan Persebaran Sumber Daya Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1): 2121-2130.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1) : 331–340.

Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Rosda Karya.

Wiraatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4918

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.