PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Maulana Maulana, Lala Nailah Zamnah, Asep Amam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Lumbung tahun pelajaran 2020/2021 yang sesuai dengan kriteria kualitas yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dibatasi sampai pada tahap development. Tahap analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan kurikulum, media dan materi. Tahap Design dilakukan dengan mengumpulkan data dan membuat rancangan bahan ajar sedangkan pada tahap development yaitu menerapkan kerangka produk dan memvalidasi serta merevisi bahan ajar berdasarkan masukan validator. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Geogebra berdasarkan kemampuan pemahaman matematis. Instrumen yang digunakan adalah yaitu lembar validasi berbentuk checklist mengenai kualitas bahan ajar yang memiliki kriteria pada rentang 1-5 dengan kategori sangat kurang-sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penilaian kelayakan bahan ajar berdasarkan aspek kualitas isi 92,14%, keterlaksanaan 86,43%, kebahasaan 84,29%, tampilan software 91,84% dan aspek penggunaan 88,57%. Rata-rata penilaian kelayakan yaitu 89,57% dan termasuk dalam kategori sangat baik artinya bahan ajar berbasis Geogebra yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan layak digunakan. Hasil Uji Q-Cochran didapat Nilai Q hitung yang didapat yaitu 17,618 < Q Tabel (X2)(α=0,05;k-1=19)=38,58226 dan berdasarkan Nilai Signifikansi yang didapat yaitu 0,548 > α = 0,05  Maka H0 Diterima Kesimpulanya Hasil penilaian validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah "sama/tidak terdapat perbedaan" yaitu bahan ajar masuk kategori validitas tinggi yaitu sangat baik Kata Kunci : Bahan Ajar, Bangun Ruang Sisi Datar,Geogebra, Kemampuan Pemahaman, Pengembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, S., Ma’Ruffi & Muhammad, I. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri BerdasarkanHigher Order Thinking Skills Siswa.” Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 7 (2): 194–210.

Agustiany, R., Hardi, E., & Ilmiati, N. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penggunaan Media Audio Visual dan Media Peta Konsep pada Materi Ekosistem. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 15-20.

Aryanto, Y & Setiawan, W. 2019. “Implementasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung BerdasarkanHasil Belajar Matematik Siswa SMP.” Jurnal On Education 01 (03): 525–30.

Harsa, F. S. 2016. “Integrasi Ict Dalam Pembelajaran Matematika.” Journal Paedagogi 8 (January): 158–62.

Octamela, K. S., Suweken, G & I, M. A. 2019. “Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3 (2): 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1761.

Sari, R. S. P. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Microsoft Adobe Flash Untuk Kelas VIII SMP. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sulistyawati, A & Wardono, K. 2018. “Pemanfaatan ICT Dalam Literasi Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA 1) 1: 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.