PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMPN 1 KARANGJAYA

Odeh Odeh

Sari


Siswa di SMPN 1 Karangjaya khususnya kelas VII B masih belum memahami terhadap keberadaan  kondisi alam Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah tidak tertanamnya konsep yang dipelajari pada diri siswa. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencoba menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  terhadap peningkatkan minat belajar siswa kelas VII B SMPN 1 Karangjaya pada materi kondisi alam Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa di SMPN 1 Karangjaya  kelas VII B dengan jumlah siswa 24 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan tiga siklus yaitu Siklus: Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hasil dari penelitian diperoleh PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi kondisi alam Indonesia. Peningkatan dalam aspek kognitif terlihat dari siklus I ke Siklus II sebesar 8.33%. Dan dari Siklus II ke siklus III mengalami kenaikan sebesar  28,80%. Peningkatan aspek apektif terlihat dari siklus I ke siklus II sebesar 18,06% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 2,31%. Peningkatan aspek psikomotor terlihat dari siklus I ke siklus II sebesar 17,33% dan dari siklus II ke silkus III sebesar 9,34%. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al- Tabany , T. I. B. (2015). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Asnita. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dilengkapi media kartu soal terhadap minat belajar siswa pada materi ikatan kimia di smk muhamadiyah cerenti. Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS, 1 (1), 61-65.

Luftiana, F., & Irawati, H. (2019). pengaruh model pembelajaran pbl terhadap minat dan hasil belajar level c1-c4 siswa kelas vii smpn 2 srumbung materi pencemaran lingkungan. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). Universitas Ahmad Dahlan.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem based learning. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39 (2), 171-182.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5204

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.