PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Lilis Irawati

Sari


Masih banyak peserta didik kelas VII di SMPN 3 Manonjaya yang masih belum peduli dengan keadaan lingkungan karena masih membuang sampah sembarangan. Salah satu penyebabnya adalah tidak tertanamnya konsep yang dipelajari pada diri peserta didik mengenai pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencoba menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam menyampaikan konsep pencemaran lingkungan. Oleh sebab itu penelitian tindakan kelas ini mempunyai tujuan meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII BSMPN 3 dalam materi pencemaran lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa. Teknik dan alat pengumpul data  yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah studi literature dan data hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan: a) Peningkatan dalam aspek kognitif, dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase peserta didik yang mencapai KKM; b) Peningkatan aspek apektif selama peserta didik bekerja kelompok membuat laporan; c) Peningkatan aspek psikomotor pada saat peserta didik melakukan presentasi  hasil kerja kelompok; dan d) Menumbuhkan kebiasaaan peserta didik untuk dapat membangun sendiri pengetahuan, menemukan sendiri konsep untuk meningkatkan pemahaman materi dan peserta didik mampu belajar secara kelompok. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL),  Pemahaman Peserta Didik, Pencemaran Lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauziah, R., Ade, G. A., & Dadang, L. H. (2014). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah, Jurnal Invotec, 9(2), 165-178.

Ionita, F. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pencemaran lingkungan siswa sma negeri 13 medan. JURNAL BIOLOKUS, 3 (1), 245-251.

Noma, L. D., Prayitno, B. A., & Suwarno. (2016). Penerapan model problem based learning (pbl) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas x mia 3 sma negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Bio-Pedagogi, 5(2), 15-20.

Rerung, N., Iriwi, L. S., Sri, W. W. (2017). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sma pada materi usaha dan energi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Saputri, D. A., & Febriani, S. (2017). Pengaruh model problem based learning(pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas x mia sma n 6 bandar lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8 (1), 40-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.