MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 3 BANJAR

Andri Purwanto, Runalan Runalan Soedarmo, Aan Suryana

Sari


Judul penelitian ini adalah “Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Karakter Siswa di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar”, oleh Andri Purwanto: 2105140019 (2019).Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang cukup baik yang diterapkan oleh peneliti dalam mata pelajran sejarah di SMA Negeri 3 Banjar. Problem Based Learning merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata, disajikan di awal pembelajaran. Kemudian masalah tersebut diselidiki untuk diketahui solusi dari pemecahan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil dari penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan karakter siswa di kelas X SMA Negeri 3 Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, dokumen dari guru dan kepala sekolah, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan karakter siswa. Peningkatan karakter siswa dapat dilihat dari observasi selama pembelajaran berlangsung dan melalui angket yang diberikan; bisa disimpulkan 77% pernyataan positif yang disetujui, 5,5% pernyataan positif yang ditolak peserta didik, 16,6% pernyataan positif ditanggapi biasa saja atau netral. Selanjutnya untuk pernyataan negatif 38,9% disetujui, 25% pernyataan ditolak dan 36% pernyaataan ditanggapi netral.Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasan, H. (2011). “Pendidikan Sejarah: Orientasi dan Strategi Pedagogis.” Makalah Pada.Konferensi Nasional Sejarah IX.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Tim pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Imperial Bakti Utama.

Ulfa, N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELAS VIII SMPN 1 SUKAMAKMUR. Skripsi. Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: [tidak diterbitkan].

Winarno, M. E., Muarifin, & Budiwanto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah Penjaskes SD. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG PANITIA SERTIFIKASI GURU (PSG) RAYON 15.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5288

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.