Kesalahan Penyelesaian Mathematical Word Problem Siswa SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Berdasarkan Taksonomi SOLO

Desi Rahmawati, Ai Tusi Fatimah, Yoni Sunaryo

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan  kesalahan  siswa  dalam  menyelesaikan Mathematical Word Problems  yang disusun berdasarkan taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan  wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa SMK Al-Masturiyah Langkaplancar Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan konsep dilakukan oleh siswa pada kelompok kemampuan matematika sedang dan rendah. Kesalahan konsep yang dilakukan adalah penggunaan teorema atau rumus oleh siswa tidak sesuai  dengan kondisi prasyarat berlakunya rumus tersebut. Kesalahan menggunakan data dilakukan oleh semua kelompok kemampuan yaitu tidak menggunakan data yang seharusnya dipakai. Kesalahan interpretasi bahasa dilakukan oleh siswa pada kelompok kemampuan  sedang dan rendah yaitu kesalahan  dalam  menyatakan  bahasa  sehari-hari  dalam  Bahasa matematika dan kesalahan menginterpretasikan simbol-simbol, grafik dan tabel ke dalam Bahasa matematika. Kesalahan teknis hanya dilakukan oleh siswa pada kelompok sedang yaitu kesalahan penulisan bentuk pertidaksamaan. Kesalahan penarikan kesimpulan dilakukan oleh semua kelompok kemampuan yaitu melakukan penyimpulan tanpa alasan pendukung yang benar dan melakukan penyimpulan  pernyataan  yang  tidak  sah  dengan  penalaran logis Kata Kunci : Kesalahan, Taksonomi SOLO

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, I. R., Mulyono., & Asikin, M. (2016). Analisis Kesalahan Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education. 5(2), 92-100. doi: https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11399.

Asikin, M. (2002). Penerapan Taksonomi Solo Dalam Pengembangan Item Tes Dan Interpretasi Respon Mahasiswa pada Perkuliahan Geometri Analitika. Semarang: Lemlit UNNES.

Manibuy, R.,dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan taksonomi SOLO Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933-945. Retrieved from https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4834

Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia

Pesona, R.E., &Yuanita,T.H. (2018). Deskrpsi Kemampuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Level Taksonomi SOLO. Genta Mulia, 9(01), 99-109

Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa1(1), 1-5.

Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Raharjo dan Astuti. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. www.p4tkmatematika.org (diakses 7 April 2020)

Suherman, E., etc. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : UPI

Susanti. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika2 (6), 71-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5319

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.