PEMBELAJARAN SEJARAH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SITUS JAMBANSARI DENGAN METODE EKSKURSI DI SMA INFORMATIKA CIAMIS

Dini Herdianti, Yeni Wijayanti, Wulan Sondarika

Sari


Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran sejarah di SMA Informatika selama ini menggunakan media powerpoint dan VCD, peserta didik juga ditugaskan menulis karya ilmiah yang di persentasikan. Pembelajaran CTL dengan metode ekskursi di SMA Informatika Ciamis yaitu dengan Ekskursi Budaya dan Wisata. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran adalah meningkatkan pemahaman, terampil menggali sumber dan kepudulian terhadap lingkungan sosial budaya. Dengan demikian pembelajaran sejarah CTL dengan metode Ekskursi dalam memanfaatkan situs Jambansari menjadi alternatif untuk terciptanya pembelajaran sejarah yang lebih bermakna, meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan nasionalKata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Contextual Teaching and Learning, Ekskursi,     situs Jambansari

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, T. 2007, Disekitar Penelitian Sejarah Lokal. Bandung : Salamina Press.

Andayani,2016.Improving the languenge Skills and local Cultural Understanding with integratif Learning and Teaching Indonesian to Speaker of Other Languanges (TISOL).International Jurnal of langueange and Linguistics.

Halimah Siti,2008 Strategi Pembelajaran. Medan : Universitas Negri Medan.

Hasan,S.H.2012. Pendidikan Sejarah Indonesia : Isu dalam ide dan pembelajaran. Bandung : Rizqi Press

Hotmosuprobo,S. 1986. Bupati-bupati di Jawa Abad 19. Yogyakarta:Javanologi.

Isjoni,2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ismaun, 2005, Filsafat Sejarah. Bandung: Historia Utama Press.

Istarani, 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kamarga,H.2007. KTSP dan Materi Sejarah Lokal.Bandung:Salamina Press.

Kemendiknas, 2010, Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Kencanawati Nenny,2010 Babad Galuh Imbanagara Kajian Tentang Penerapan Unsur-Unsur Pemberdayaan Dan Hubungan Manusiawi Masa Pemerintahan Bupati Galuh Abad ke-19, Bandung:Universitas Padjajaran

Kochar S,K,2008,”Pembelajaran Sejarah”. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kusmiatun,2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya.Yogyakarta:K-Media.

Lohanda,M.2007, Sumber Sejarah Antara Kata, Bahasa, Dan Penafsiran. Bandung: Salamina Press.

Yamin, Martinis, 2007. Kiat Belajar Siswa. Jakarta:Gaung Persada Pers

Miles, M.B dan Huberman, A.M 1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moeloeng, L.J 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Nata Abudin,2009. Metedologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..

Pribadi, Benny.A, 2011. “Model ASSURE Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses” Jakarta: Dian Rakyat.

Sanjaya Wina,2017 Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, jakarta:Universitas Indonesia

Satori, D. Dan Komariah, A. 2011, Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Sofiani, Y.2012 R.A.A Kusumadiningrat dan R.A.A Kusumabrata. Gaya hidup Bupati-Bupati Galuh (1839-1914). Yogyakarta:Ombak

Sugiyono,2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Trianto 2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual:konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013.Jakarta:Kencana

Yamin Martinis,2017. Strategi dan Metode dalam modeL Pembelajaran.Jakarta:Press group:56-57




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.