PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Gita Maelani, Rini Agustin Eka Yanti, Uu Adkur Sutendy

Sari


Permasalahan di sekolah menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir, (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL)dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensionalmelalui penggunaan media Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada pengukuran akhir di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang positif dan signifikan dengan kategoriN-Gain tinggi pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada pengukuran awal dan pengukuran akhir pada kelas eksperimen di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Ciamis. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang yang positif dan signifikan dengan kategori N-Gain sedang pada penggunaan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir pada kelas kontrol di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Ciamis. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir melalui penggunaan Media Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciamis Kata Kunci:           Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabany, T.I.B. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,

dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada

Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Kencana.

Arsyad. A., 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Priansa. D. J., 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif.Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2017. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Madiastuty, Neka Firda. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di MAN 3 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Purwanti, Sri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Artikel Ilmiah. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Kemendikbud. 2017. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Ditjen Disdakmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.