Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Alternatif IPA Dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Wahyu Fajar Saputra

Sari


Pada masa pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) memaksa semua elemen masyarakat untuk beraktifitas dari rumah termasuk dunia pendidikan. Hal ini memaksa para pendidik mencari media alternatif guna berlangsungnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan media sosial Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media alternatif dalam menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif secara deskriptif dengan memberikan angket observasi kepada siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang sangat kurangnya guru memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran sedangkan siswa sangat sering menggunakan media sosial. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada SMP Islam Al-Makiyah Jakarta dan MTS AL-Falah Jakarta didapatkan  63,1% siswa menggunakan aplikasi Instagram dengan intensitas selalu menggunakan aplikasi instagram  sekitar 17%, sering menggunakan aplikasi instagram sekitar 46,34% dan kadang-kadang menggunakan aplikasi instagram sekitar 36,58%.  Dari data tersebut menunjukkan bahwa Instagram layak digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran IPA dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dikarenakan aplikasi instagram sangat mudah digunakan dan merupakan aplikasi yang sering digunakan siswa dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Aditia, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Pada Masa Pandemi Covid-19. [Online]. Tersedia : https://osf.io/wjm5k/download

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Arief S. Sadiman. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Criticos. (1996). Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc.

Erika, K., Yanto, T., & Kasidi. (2018). Perbedaan hasil belajar pelajaran akuntansi dengan menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial. JurnalEcodunamika. Vol. 1 No.1. Hal. 1–9.

Gultom, J. (2010). Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Universitas Negeri Medan.

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Nawawi, Hadari. (2007). Metode penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Rulli Nasrullah. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Cet.kedua. Simbiosa Rekatama Media : Bandung

Stainbank, L & Gurr (2016). The use of social media platforms in a first year accounting course. Meditari Accountancy Research. Vol 24 No 3 Hal 318–340

Tadros, Marlyn. (2011). A social media approach to higher education. In Educating Educators With Social Media Cutting-edge Technologies in Higher Education. Emerald Group Publishing Limited, Bingley. Vol. 1 Hal. 83–105. [Online]. Tersedia : https://doi.org/10.1108/S2044-9968(2011)0000001007

Veygid, Ahmad, dkk. (2020). Analisis Fitur Dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 1 No. 1 hal 39-48

Wati, E, R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5423

Refbacks