PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING

Elin Yuliani

Sari


Saat ini, seluruh dunia sedang berupaya untuk menghadapi COVID-19 yang mempengaruhi semua aspek dalam kehidupan termasuk dalam pendidikan. Kondisi pandemi saat ini membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring sedangkan guru pada umumnya belum menguasai aplikasi-aplikasi pembelajaran daring. Oleh sebab itu diadakan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar daring di SMAN 7 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian ini adalah 42 orang guru SMAN 7 Tasikmalaya. Instrumen penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil pengisian angket diperoleh bahwa siklus I belum terpenuhi karena belum mencapai kriteria keberhasilan yaitu hanya 9 dari 42 orang dengan besar prosentase hanya 21% peserta yang memperoleh nilai 5 dan sisanya sebanyak 79% peserta belum memperoleh nilai 5. Rerata siklus 1 sebesar 2,67. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa siklus I nilainya sebesar 1 dan hal ini belum sesuai dengan kriteria keberhasilan. Pada siklus II telah terpenuhi karena telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 35 orang dari 42 orang dengan besar prosentase 83% peserta yang memperoleh nilai 5 dan sisanya sebanyak 17% peserta belum memperoleh nilai 5. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa siklus II nilainya sebesar 3 dan hal ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan. Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran Daring.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem computer. PENDIPA J. Sci. Educ., 3 (3), 167-173, doi: 10.33369/pendipa.

Nurhijrah & Suryana, S. (2020). Pengembangan kompetensi guru menggunakan aplikasi google classroom pada masa pandemic covid-19. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 2 (2).

Sun, A., & Chen, X. (2016). Online education and its effective practice: a research review. J. Inf. Technol. Educ. Res., 15 (2016), 157–190, doi: 10.28945/3502.

Sabran., & Sabara, E. (2019). Keefektifan google classroom sebagai media pembelajaran, Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. NEGERI Makasar.

Soni et al., (2018). Optimalisasi pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di smk negeri 1 bangkinang. J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.