PEMANFAATAN SITUS SANGHYANG CIPTA PERMANA PRABUDIGALUH SALAWE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI SMAN 3 BANJAR

Salis Purnama, Yeni Wijayanti, Yadi Kusmayadi

Sari


Situs Sanghyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Galuh Pangauban yang memiliki nilai sejarah. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Situs Sanghyang Cipta Permana yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan pendidikan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Temuan yang didapatkan bahwa terdapat banyak tinggalan-tinggalan arkeologi yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembelajaran sejarah pada materi kelas X di SMA. Peninggalan tersebut seperti; batu entog/wisnumurti, batu prasasti, batu pangcalikan, peralatan dan perkakas dari batu, terdapat patilasan para tokoh dan ulama besar, serta terdapat tradisi Misalin yang merupakan budaya peninggalan leluhur Salawe. Bentuk pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar dan pendidikan karakter yang pernah dilakukan oleh SMAN 3 Banjar melalui kegiatan pembelajaran dengan metode ekskursi, yakni sebagai pembelajaran materi Kerajaan Hindu-Budha. Esensi dari pembelajaran metode ini berkaitan dengan penanaman nilai-nilai karakter yang terintegrasi langsung dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang dapat digali dan ditanamkan tersebut antara lain: 1) nilai religius, 2) tanggung jawab, 3) cinta tanah air/nasionalisme, 4) cinta sejarah, 5) mandiri, 6)  gotong royong dan kreatif, 7) rasa ingin tahu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, W., J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herdianti, D., Wijayanti, Y., & Sondarika, W., (2021). Pembelajaran sejarah Contextual Teaching And Learning Situs Jambansari Dengan Metode Ekskursi Di SMA Informatika Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 55-62.

Lubis, H. N. (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia).

Moleong, J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Runalan, U, S. (2015). Situs Cagar Budaya Sanghyang Cipta Permana Prabudigaluh Salawe Dusun Tunggal Rahayu, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 3 (2).

Sjamsuddin, H. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sulistyo, D., W. (2019). Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai Sumber = Pembelajaran Berbasis Outdor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education, 1 (2).

Wijayanti, Y. (2017). Pemanfaatan Situs Karangkamulyan untuk Kepentingan Pendidikan dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal: Purbawidya, 6 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.5808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.