PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS-1 MA AL ISTIQOMAH RAJADESA

Nina Setiawati, Yeni Wijayanti, Yadi Kusmayadi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS-1 MA Al Istiqomah Rajadesa. 2) Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS-1 MA Al Istiqomah Rajadesa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  MA Al Istiqomah Rajadesa. Sampel kelas eksperimen adalah 30 orang dan pada kelas kontrol adalah 30 orang. Metode penelitian ini adalah metode quasi experimental. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode pembelajaran snowball throwing di kelas X IPS-1 MA Al Istiqomah Rajadesa yaitu a) guru membentuk kelompok belajar, b) memanggil ketua kelompok untuk menyampaikan materi pembelajaran, c) ketua kelompok kembali ke kelompoknya untuk menyampaikan materi, d)setiap anggota kelompok membuat pertanyaan di selembar kertas kemudian digulung, e) dilempar ke kelompok lain untuk dijawab, f) guru melakukan evaluasi, g) menutup pembelajaran. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh t hitung sebesar 34,567 > t tabel sebesar 2,048. Dari penelitian tersebut disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS-1 MA Al Istiqomah Rajadesa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahri, D. S (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatimah, D (2020). Guru Sejarah di MA Al- Istiqomah Rajadesa, Kabupaten Ciamis.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Herdianti, D., Wijayanti, Y., Sondarika, W. (2021). Pembelajaran Sejarah Contextual Teaching And Learning Situs Jambansari Dengan Metode Ekskursi di SMA Informatika Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 55-61

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtari. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Penilaian Porofolio dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Segitiga Siswa Kelas VII A SMP Islam 02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008. Jurnal Pendidikan. Vol 2, Nomor 1: 6, Diunduh Jum’at, 7 maret 2014.

Pajriah, S., Budiman, A (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis). Jurnal artefak, 4(1), 77-86.

Purwanto, A., Soedarmo, R., Suryana, A (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan),2 (2), 39-46.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.5812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.