PENGARUH PENETAPAN HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Iis Nurlela, Rini Agustin Eka Yanti, Firman Aryansyah

Sari


 Perkembangan dunia usaha saat ini berjalan dengan pesat, secara tidak langsung menciptakan suatu persaingan di bidang pemasaran. Semakin banyak konsumen yang merasa puas dengan barang atau jasa yang ditawarkan, maka volume penjualan di perusahaan tersebut pun akan meningkat. Faktor – faktor yang mempengaruhi volume penjualan ialah : (1) harga, (2) promosi, (3) produk yang ditawarkan, (4) saluran distribusi, (5) mutu. Harga menjadi salah satu pertimbangan utama ketika konsumen akan membeli suatu produk yang mereka inginkan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) gambaran penetapan harga jual yang dilakukan oleh Tungku Café and Resto, (2) gambaran volume penjualan pada Tungku Café and Resto, (3) pengaruh penetapan harga jual terhadap volume penjualan di Tungku Café and Resto. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara langsung melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penetapan harga jual menggunakan metode cost plus pricing mengalami fluktuatif dengan rata –rata margin sebesar 23%, (2) volume penjualan mengalami fluktuatif dengan rata – rata penjualan sekitar 38 produk yang terjual, (3) besarnya pengaruh penetapan harga jual terhadap volume penjualan sebesar 57,76% (koefisien determinasi). Hasil uji hipotesis diketahui bahwa   lebih besar dari  (3,697 ≥ 2,228) artinya Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan Kata kunci : Penetapan harga, cost plus pricing, volume penjualan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusri. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Mebel Sinar Barokah Tanjung Karangan Kabupaten Muara Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 16 No.3, Oktober2019: 192-203

Oktariansyah, E. (2016) Aplikasi Sensor Water Flow G1/2 Pada Keran Air Otomatis Berbasis Arduino. Other Thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Putra, K. M., Cipta, W., & Yudiaatmaja, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada UD. Wayan Fiber Glass Singaraja Tahun 2014..e-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4.

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran, Denpasar : Swasta Nulus

Rahmat, H. (2013). Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta CV.

Sunyoto. (2014). Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta: Buku Seru

Wahyu, F. S. (2021). Pemanfaatan instagram sebagai media alternatif IPA dalam masa pembelajaran jarak jauh (pjj). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 81-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.5891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.