PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MEDIA GOOGLE MEET

Ewidya Restyana Bunga, Adun Rusyana, Awang Kustiawan

Sari


Pembelajaran seringkali hanya menekankan pada aktivitas mengingat, memahami dan mengaplikasikan. Tantangan masa depan menuntut pembelajaran harus lebih mengembangkan keterampilan berpikir. Dengan adanya pandemi Covid 19 saat ini , pembelajaran dianjurkan tetap berjalan melalui pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau biasa disebut pembelajaran online.Sehingga Guru harus membuat suatu inovasi baru agar pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa.Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannnya Model Pembelajan Mind Mapping . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-posttest yang memberikan satu perlakuan terhadap subjek yang sama berupa penggunaan Model Pembelajaran Mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sukadana dengan melalui media pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Meeting dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan tehnik purpose sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 20 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada sub materi sistem saraf melalui pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Meeting.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Firman dan Rahman R.S. (2020).“Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19”.Journal Of Educational Science (IJES). 2(2): 81 – 89

Khaerudin dan Mitarlis. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran langsung Dengan Strategi Mind Mapping Pada Materi Asam Basa Di SMAN 1 Wani Sidoarjo. Journal of chemical education”. 5(3) :581

Mulyono. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran .Bandung . Rizki Press

Mulyono. (2015) .Pengelolaan Pendidikan .Bandung . Rizki Press

Novitasari.(2019) .”Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Strategi Belajar Afektif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Viii Smp Pgri 01 Wagir Malang” .Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Nurlaela ,L. dan Ismayanti, A. (2015). Strategi Belajar Berfikir Kreatif .Yogyakarta. Ombak

Winsura S. 2016. Mind Mapp Langkah Demi Langkah. Jakarta : Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.