PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Resa Sukma Fauzia, Wahyudin Wahyudin, Lala Nailah Zamnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Macromedia Flash terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Macromedia Flash dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan terhadap data N-gain dengan menggunakan uji t’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Macromedia Flash dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan berdasarkan rata-rata nya, pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Macromedia Flash berpengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa daripada pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220

Hendriana, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematis dan Gaya Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01(1), 477–484.

Herliandry, L. D., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773

Nenden. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri Karsamenak Kota Tasikmalaya melalui Penggunaan Media ICT (Information and Communication Technology). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 63-70.

Oktaviana, S. E., & Rohendi, E. (2017). Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. A n t o l o g i U P I, 5(1), 169–178.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Saparudin, D., & Effendi, K. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Peserta Didik SMP Kelas VII terhadap Materi Bangun Dimensi Tiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 687–694.

Sari, S. L., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2019). Penerapan Strategi Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 13. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4038

Setiani, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning, 2(1), 451–460. https://doi.org/10.175 09/jpi.v2i1.10680

Sapitra, D., Yulianti, Y., & Juwita Agustina, W. (2019). Penerapan Model Brain Based Learning Bernuansa Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. 4, 1–9.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Yunani, Y. (2020). Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX C SMP Negeri 2 Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 55-62.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6139

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.