PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA BUKIT ASAM TBK

Tia Nurhayati Nasifah, Sukomo Sukomo, Endang Mulyadi

Sari


 Suatu analisis terhadap modal kerja sangat penting bagi penganalisa intern maupun extern, masalah modal kerja ini erat hubungannya dengan operasi perusahaan sehari-hari juga menunjukan tingkat keamanan para kreditur terutama kreditur jangka pendek. Adapun  tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  (1)  Besarnya perkembangan modal kerja pada PT Bukit Asam Tbk, (2) Besarnya perkembangan profitabilitas yang dicapai pada PT Bukit Asam Tbk, (3) Besarnya pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada PT Bukit Asam Tbk. Metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis datanya adalah runtut waktu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)  Besarnya modal kerja yang diukur dengan rasio modal kerja pada PT Bukit Asam Tbk dari tahun ketahun mengalami fluktuatif dengan rata-rata setiap tahunnya sebesar 23,57%, dan jika dilihat dari perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 2,58% setiap tahunnya(2) Besarnya tingkat profitabilitas pada PT Bukit Asam Tbk dari tahun ketahun mengalmi fluktuatif dengan rata-rata setiap tahunnya sebesar 19,04% dan jika dilihat dari perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 0,96% setiap tahunnya. (3) Modal kerja yang diukur dengan rasio modal kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan  terhadap profitabilitas perusahaan pada PT Bukit Asam Tbk, adapun besarnya pengaruh sebesar 79,21%. Kata kunci : Pengaruh Modal Kerja, Profitabilitas, PT Bukit Asam Tbk 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, M. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group

Hanafi, M. M. (2018). Analisis Laporan Keuangan.Yogyakarta: Liberti

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Yogyakarta: UPP STIM YKKPN.

Khorrunisa, R., Sasongko, H., & Endah, R. M. (2017). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Pt Mayora Indah,Tbk Periode 2006-2015. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 4(1).

Munawir, S. (2019). Analisa Laporan Keuangan. Yoryakarta: Liberti

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: UGM

Tnius, N. (2018). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.Jurnal Sekuritas.(Volume I; 71)

Wahyu, F. S. (2021). Pemanfaatan instagram sebagai media alternatif IPA dalam masa pembelajaran jarak jauh (pjj). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 81-90.

Yani, Y. A., & Martha, L. (2016). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. (Volume II; 5).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.