PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO DI SMK

Intan Fathimatur Rohmah, Utty Suwirta, Yuyun Susanti

Sari


Rendahnya motivasi belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya motivasi belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 3) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka, Cipta

Ifti Oktiani. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik.Jurnal Kependidikan, Vol. 5 No. 2.Purwokerto:IAIN Purwokerto.

Nurmiati.(2017). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) dalam Kemampuan Membaca dan Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa.Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra.Vol. 1 No. 1. Gowa:Universitas Negeri Makasar.

Ratri C.H. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika.Jurnal ABDIMAS Unmer Malang.Vol.4, No.1. Malang:STKIP PGRI Tulungagung.

Sardiman.(2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Yuliana Puspitasari, dkk. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.3, No. 2. Semarang:Universitas PGRI Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.