PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Galuh Suci Pratiwi, Utty Suwirta, Dedeh Dedeh

Sari


Kemampuan berpikir kreatif peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, karena kemampuan berpikir kreatif juga sangat penting bagi perkembangan mental dan perubahan pola pikir peserta didik sehingga diharapkan proses belajar dapat berhasil, maka pendidikan dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, belum maksimalnya kemampuan berpikir kreatif dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada pengukuran awal (pretest)  dan penilaian akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model konvensional pada pengukuran awal (pretest)  dan penilaian akhir (posttest) di kelas kontrol. (3) pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensonal pada pengukuran akhir di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA MAN 3 Ciamis dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh. Kata Kunci: Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-tabany trianto ibnu badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto Suharsimin. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Khoer, Misbahul. 2019 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik (Studi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII Mata Pelajaran IPS di MTs Ma’arif Cipakem Kabupaten Kuningan). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. (Online),Volume16,(https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/download/2172/1587) diakses 23 Desember 2020

Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penellitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mudlofir dan Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurlaela Luthfiyah, Euis Ismayanti, Muchhas Samani, Suparji, I Gede Putu Asto Buditjahjanto. 2019. Strategi Belajar Berfikir Kreatif (Edisi revisi). Jakarta: PT Mediaguru Digital Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Yuli, dkk 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Lkpd Terdahap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Di SMAN 3 Mataram.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.Volume 4 No.1 diakses 23 Desember 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.