PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Tia Agustin, Ahyo Ruhyanto, Rini Agustin Eka Yanti

Sari


Kemampuan berpikir ktitis dalam pembelajaran sangat diperlukan karena dengan kemampuan berpikir kritis siswa mampu mengenali materi pembelajaran dengan baik, serta mendorong proses berpikir kritis siswa untuk menemukan fakta-fakta dalam pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script mempengaruhi peningkatan berpikir kritis siswa untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script dengan yang menggunakan metode pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design dan tenik sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan sampling jenuh dengan populasi siswa yang terdiri dari 42 orang siswa kelas X dan semuanya di gunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode dokumentasi dan metode observasi. Dengan demikian, Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan berpikir krits siswa yang menggunakan model pemmbelajaran Koperatif tipe Cooperatove Script dengan yang menggunakan metode konvensional pda pengukuran ahir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boleng, Didimus.. (2014).pengaruh model pembelajaran Cooerative Script dan Think- pair share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar koognitif biologi siswa SMA Multietnis. (Online), Vol.2 No.2 (http://journal.um.ac.id/index.php/jps),Diakses Juni 2014.

Desi, Anggita Sari. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Ekonomi di sma negeri 1 Cineam Tasikmalaya

Fisher, Alec. (2008) berfikir kritis. Jakarta : Erlangga

Huda, Miftahul . (2015) model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mayasari, Rika. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar siswa di SMK N Medan

Meilani, Rima. (2016). Penerapan model pembelajaran cooperative script untk meningkatkan hasil belajar. Vol.l No.1 Agustus

(http://ejournal.upi.edu//index.php/jpmanper/article/view/oooo)

Nurlaelah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar pkn siswa

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Trisnawati. (2019) Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar. Vol 9 No.2 Desember 2019.(http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/14858) Skripsi pada program studi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Zakiyah, Linda. 2019. Berfikir Kritis Dalam Konteks Pembelajran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.