PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Fina Aenilah, Yoyon Sutresna, Taupik Sopyan

Sari


Proses pembelajaran biasanya dilakukan secara aktif dan efektif disekolah. Kini, akibat pandemic covid-19 pembelajaran terhambat dan tidak terlaksana sepenuhnya. Dengan demikian proses pembelajaran beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh. Selama proses pelaksanaan pembelajaran, diperlukan aplikasi belajar yang tepat untuk menunjang proses pembelajaran dengan benar dan efektif. Adapun aplikasi yang dirasa cocok adalah whatsapp dan google classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp dan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2021. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana. Sampel yang digunakan adalah 21 orang siswa kelas XI IPA 1. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah quasy experimental. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri atas 12 item pernyataan dan soal yang terdiri 20 item pertanyaan pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan statistik dengan rumus uji wiloxcon untuk motivasi dan uji z untuk hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp dan google classroom tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi.Kata kunci : google classroom, hasil belajar, motivasi, whatsapp

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, T. (2019).Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah.Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 5, 318–323.

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak Positif Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 154–162.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. J. Lantanida. 5(2): 172-196.

Jannah, M., & Nurdianti, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 1(1), 75–84.

Nurawaliah, N., Rusyana, A & Sopyan, T. (2021). Pengaruh model discovery learning berbasis concept mapping terhadap hasil belajar kognitif. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 33-38.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Zahroh, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Pakong 1 Pamekasan Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 12–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.