KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS SISWA SMP

Lesi Salysatul Hayati, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis yang berkategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII dengan cara mengisi angket kecerdasan logis, melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa 4 butir soal uraian, dan wawancara kepada 6 orang siswa dengan penentuan subjek menggunakan Purposive Sampling. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat didefinisikan melalui soal pemecahan masalah dengan langkah (1) Memahami masalah, (2) Menyusun rencana pemecahan masalah, (3) Melaksanakan rencana penyelesaian, (4) Memeriksa kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecerdasan logis rendah mampu memahami soal, tetapi kurang mampu dalam menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu memeriksa kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecerdasan logis sedang mampu memahami soal, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu memeriksa kembali. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecerdasan logis tinggi mampu memahami soal, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu memeriksa kembali.Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kecerdasan Logis, SPLDV

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46.

Amri, Husna, A. (2017). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk (Kecerdasan Visual-Spasial Matematika dan Kecerdasan Logis-Matematis) Siswa Kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME ( Supremum Jurnal of Mathematics Education), 02(2), 77-83.

BSNP, 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta

Imdat, I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Prosedural Pada Siswa Kelas XII MIA 3 SMAN 1 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Moch. Masykur dan Abdul Halim Fathani, Mathematical Intelligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.2009), hlm. 153

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning Mathematics From Assesment Materials. Virginia: NCTM. Inc.

Polya, G. 1973, How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press

Sopiany, H. N., & Hijjah, I. S. (2016). Penggunaan Strategi TTW(THINK-TALK-WRITE) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang. JPPM, 09(2)

Sukasno. 2000. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : CV. Pustaka Setia

Yaumi, M. (2013). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.