PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING

Rizka Siti Fazriah, Toto Toto, Ida Nuraida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMK menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi Scaffolding. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design Quasi eksperiment dengan menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X AKL di SMK PGRI Cikoneng. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis. Metode pengumpulan data  yang digunakan adalah metode tes yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran (Pretest dan Postest). Data analisis menggunakan Uji N-Gain, Uji Prasyarat dan Uji t’. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan Scaffolding dengan model konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, F. (2017) Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Model Pembelajaran Kumon dan Group Investigation pada Siswa Kelas X. Retrieved form : fitaamalia1993@gmail.com

Buyung & Dwijanto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. UJMER, 6(1), 112-119. Retrieved form : 21.buyung@gmail.com.

Fatwa, C. V., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa :Jurnal Pendidikan Matematika. 8. Retrieved form : vikaconie@gmail.com, ariseptian@unsur.ac.id, inayahsarah@unsur.ac.id.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 1-10.

Tasyanti, T. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 334–346. Retrieved form : tritasyanti@gmail.com




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.