PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Ajeng Ayu Novelia Sidmewa, Yuyun Susanti, Rizka Andhika Putra

Sari


Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik, Model Pembelajaran Mandiri pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan rumus N-Gain = (skor posttest – skor pretest) dibagi dengan (skor maksimum –skor pretest), sedangkan untuk mengukur perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui: Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang 1) menggunakan model pembelajaran Mandiri pada pengukuran awal sebesar 32,5 dan pengukuran akhir sebesar 87,75 dengan pengukuran awal (pretest) sebesar 32 dan pengukuran akhir (posttest) sebesa r 82,4 dengan rata-rata N-Gain bernilai 0,73 dengan kategori tinggi. 3) mendapatkan model pembelajaran Mandiri (Self Directed Learning)dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (rata-rata N-Gain bernilai 0,82 dengan kategori tinggi. 2) mendapatkan model pembelajaran konvensional pada ceramah) pada pengukuran akhir (posttest) berdasarkan uji t-test diperoleh thitung >

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beratha. (2009). Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2008/2009.Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Harsono. (2012). Pengertian Model Pembelajaran Self Directed Learning. Tersedia pada (https://pusat pengembanganpendidikan universitas gadjah mada.html)

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. (2010). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 1-10.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Sunarto, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.